Monday, 29 April 2024
HomeNasionalArus Balik Lebaran, Pemerintah Beri Jalur Alternatif Selain Pelabuhan Bakauheni

Arus Balik Lebaran, Pemerintah Beri Jalur Alternatif Selain Pelabuhan Bakauheni

Bogordaily.net, Pemerintah menghimbau untuk para pemudik bisa menggunakan , , Lampung, sebagai jalur penyeberangan alternatif selain Pelabuhan Bakauheni.

Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, pelabuhan bisa dibuka melayani pemudik balik ke Pulau Jawa untuk menghindari kemacetan panjang

“Jadi perlu ada jalur lain selain Pelabuhan Bakauheni, dan pilihannya yakni . Intinya, untuk memastikan pemudik kembali lagi ke Pulau Jawa dengan selamat dan nyaman,” kata Muhadjir saat meninjau kapal KM Ciremai di Dermaga C , dikutip dari CNNIndonesia, Kamis 5 Mei 2022.

Muhadjir bersama Menteri Perhubungan Budi Karyadi Sumardi dan Menteri BUMN Erick Thohir, Kakorlantas Polri Irjen Firman Santyabudi, dan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, melihat kesiapan , , Lampung.

Selain itu juga, Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi, Direktur Utama PT Pelni Tri Andayani dan anggota Komisi V DPR RI Deni R Ibowo.

Erick Thohir juga menyampaikan jalur penyeberangan alternatif ini bisa untuk mengurai kemacetan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan dan Pelabuhan Merak, Banten.

“Tentunya kerja sama dalam mudik ini baik TNI, Polri, pemerintah pusat dan Pemda serta instansi terkait lainnya mensukseskan mudik sehingga masyarakat bisa nyaman dan selamat sampai tujuan,” katanya.

Erick pun mengaku mendapat perintah untuk mencari jalur penyeberangan alternatif untuk menghindari antrean panjang di Pelabuhan Bakauheni. Alhasil, pihaknya memilih memanfaatkan .

Diantara pemudik pejalan kaki, kendaraan baik itu sepeda motor dan mobil pribadi serta kendaraan angkutan logistik bisa diarahkan untuk menyeberang melalui .

“Kendaraan logistik diarahkan ke , untuk meminimalisir terjadinya penumpukan kendaraan di Pelabuhan Bakauheni, kendaraan kecil dapat lancar arus balik lebaran,” ucapnya.

Sementara, Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi juga mendukung pemerintah pusat dalam melayani masyarakat pada arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini.

“Ini merupakan wujud dari negara hadir, untuk melancarkan penyeberangan arus balik lebaran,” ujarnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here