Saturday, 20 April 2024
HomeKabupaten BogorPemkab Bogor Gencar Lakukan Tingkatkan Turis Mancanegara

Pemkab Bogor Gencar Lakukan Tingkatkan Turis Mancanegara

Bogordaily.net – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor terus berupaya untuk meningkatkan kembali kunjungan atau turis mancanegara untuk berlibur khususnya ke kawasan .

Hal itu dilakukan mengingat kunjungan mancanegara ke kawasan , anjlok akibat pandemi Covid-19 dua tahun lalu.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), angka kunjungan mancanegara di Kabupaten Bogor menyusut selama dua tahun pandemi.

Pada tahun 2020, dari total 5.117.889 orang, hanya 60.552 di antaranya merupakan mancanegara.

Untuk itu, Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan terus menyusun strategi, guna menggeliatkan kembali sektor wisata, khususnya di kawasan , Bogor.

“Kunjungan ke tempat wisata memberikan kontribusi cukup signifikan pada pendapatan asli daerah (PAD), yaitu sebesar Rp282 miliar atau 7,61 persen dari PAD tahun 2021 yang senilai Rp3,7 triliun,” kata Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan, kepada wartawan Kamis, 19 Mei 2022.

Lanjutnya ia mengatakan, sebelum pandemi, tercatat ada sebanyak 287.681 mancanegara dari total 9.484.957 di Kabupaten Bogor selama tahun 2019.

Namun akibat dihantam pandemi pada dua tahun lalu, kunjungan turis mancanegara anjlok sangat pesat.

“Upaya telah kami lakukan untuk menjadikan Kawasan Puncak sebagai kawasan wisata yang ramah, aman, nyaman dan berkelanjutan semoga bisa terwujud dengan baik,” tambahnya.

Selain itu, Iwan juga menambahkan, juga sedang memperbanyak desa wisata melalui program Karsa Bogor Maju.

Jumlah desa wisata yang semula ada 25 desa pada tahun 2019, kemudian bertambah jadi 35 desa wisata pada tahun 2020, dan menjadi 40 desa wisata pada tahun 2021.

“Kabupaten Bogor ini daerah yang berdekatan dengan ibu kota negara dan berbatasan langsung dengan 10 kabupaten/kota dan dua provinsi yang dikelilingi sekitar 70 juta populasi, sehingga potensi wisata Puncak ini sangat besar, bahkan kawasan Puncak menjadi wisata favorit warga Jabodetabek,” pungkasnya.*

(Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here