Saturday, 20 April 2024
HomeTravellingPengertian Wisata, Wisatawan, dan Objek Wisata

Pengertian Wisata, Wisatawan, dan Objek Wisata

Bogordaily.net– saat ini menjadi salah satu aktivitas penting yang kerap dilakukan masyarakat. Di sejumlah daerah bahkan memiliki yang bisa dikunjungi wisatawan terutama saat musim liburan. Lalu apa , wisatawan, dan ? Berikut ulasannya.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) wisata adalah bepergian secara bersama-sama untuk memperluas pengetahuan, bersenang-senang, dan sebagainya. Selain itu juga bisa diartikan bertamasya atau piknik.

Wisata memiliki banyak ragam, macam, dan jenis, mulai dari wisata alam, bahari, budaya, buru, domestik, karya, kesehatan, Nusantara, puri atau semacam istana, remaja, studi, hingga tirta atau yang berhubungan dengan air.

Selain wisata ada pula kata pariwisata yang secara umum berarti suatu hal yang berkaitan dengan perjalanan untuk rekreasi, tourism, pelancongan, dan sebagainya. Jenis dan macam-macam pariwisata meliputi pariwisata bahari, lokal, massa, purbakala, remaja, dan wana (hutan).

Selanjutnya wisatawan berdasarkan KBBI adalah orang yang berwisata, pelancong, atau turis.

Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut wisatawan merupakan pengunjung yang tinggal paling sedikit 24 jam, akan tetapi tidak lebih dari 12 (dua belas) bulan di tempat yang dikunjungi dengan maksud kunjungan antara lain berlibur, rekreasi, mengunjungi teman atau keluarga, belajar atau pelatihan, kesehatan  olahraga. keagamaan, belanja, transit, dan lain-lain. Selain itu bisa juga untuk kunjungan bisnis dan profesional seperti menghadiri pertemuan, konferensi atau kongres, pameran dagang, konser, pertunjukan, dan lain-lain.

BPS juga mendefinisikan pelancong yang merupakan pengunjung yang tinggal kurang dari dua puluh empat jam di tempat yang dikunjungi (termasuk cruise passenger yaitu setiap pengunjung yang tiba di suatu negara dengan kapal atau kereta api dan mereka tidak menginap di akomodasi yang tersedia di negara tersebut.

Sementara itu berdasarkan KBBI berarti perwujudan ciptaan manusia, tata hidup, seni budaya, sejarah bangsa, dan keadaan alam yang mempunyai daya tarik untuk dikunjungi wisatawan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here