Pengertian Wisata, Wisatawan, dan Objek Wisata

Menu

Mode Gelap
Geger! Instagram Mendiang Vanessa Angel Mendadak Hilang Tok! Lin Che Wei Resmi Jadi Tersangka Kasus Mafia Minyak Goreng Jangan Telat, Yuk Daftar Gelombang 3 TA 2022/2023 Sekolah Bosowa Bina Insani Bogor! Presiden Jokowi Beri Bantuan untuk Warga dan PKL di Pasar Cibinong Asyik! Mulai Hari Ini, Jokowi Izinkan Buka Masker di Ruang Terbuka

Wisata · 13 Mei 2022 11:32 WIB

Pengertian Wisata, Wisatawan, dan Objek Wisata


 Salah satu objek wisata di Yogyakarta adalah Pantai Mesra. (Jogjakita.co.id/Bogordaily.com) Perbesar

Salah satu objek wisata di Yogyakarta adalah Pantai Mesra. (Jogjakita.co.id/Bogordaily.com)

Bogordaily.net– Wisata saat ini menjadi salah satu aktivitas penting yang kerap dilakukan masyarakat. Di sejumlah daerah bahkan memiliki objek wisata yang bisa dikunjungi wisatawan terutama saat musim liburan. Lalu apa pengertian wisata, wisatawan, dan objek wisata? Berikut ulasannya.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian wisata adalah bepergian secara bersama-sama untuk memperluas pengetahuan, bersenang-senang, dan sebagainya. Selain itu juga bisa diartikan bertamasya atau piknik.

Wisata memiliki banyak ragam, macam, dan jenis, mulai dari wisata alam, bahari, budaya, buru, domestik, karya, kesehatan, Nusantara, puri atau semacam istana, remaja, studi, hingga tirta atau yang berhubungan dengan air.

Selain wisata ada pula kata pariwisata yang secara umum berarti suatu hal yang berkaitan dengan perjalanan untuk rekreasi, tourism, pelancongan, dan sebagainya. Jenis dan macam-macam pariwisata meliputi pariwisata bahari, lokal, massa, purbakala, remaja, dan wana (hutan).

Selanjutnya pengertian wisatawan berdasarkan KBBI adalah orang yang berwisata, pelancong, atau turis.

Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut wisatawan merupakan pengunjung yang tinggal paling sedikit 24 jam, akan tetapi tidak lebih dari 12 (dua belas) bulan di tempat yang dikunjungi dengan maksud kunjungan antara lain berlibur, rekreasi, mengunjungi teman atau keluarga, belajar atau pelatihan, kesehatan  olahraga. keagamaan, belanja, transit, dan lain-lain. Selain itu bisa juga untuk kunjungan bisnis dan profesional seperti menghadiri pertemuan, konferensi atau kongres, pameran dagang, konser, pertunjukan, dan lain-lain.

BPS juga mendefinisikan arti pelancong yang merupakan pengunjung yang tinggal kurang dari dua puluh empat jam di tempat yang dikunjungi (termasuk cruise passenger yaitu setiap pengunjung yang tiba di suatu negara dengan kapal atau kereta api dan mereka tidak menginap di akomodasi yang tersedia di negara tersebut.

Sementara itu pengertian objek wisata berdasarkan KBBI berarti perwujudan ciptaan manusia, tata hidup, seni budaya, sejarah bangsa, dan keadaan alam yang mempunyai daya tarik untuk dikunjungi wisatawan.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Sering Salah Tafsir, Ini Pengertian Wisata Halal Kata Sandiaga Uno

18 Mei 2022 - 18:36 WIB

Punya Kolam Terapi Ikan, Masjid KH Ahmad Dahlan Gresik Bikin Betah Berkunjung

17 Mei 2022 - 21:19 WIB

Masjid KH Ahmad Dahlan Gresik

Wisatawan Wajib Tahu, Ini Penyebab Koper Hilang di Bandara

17 Mei 2022 - 14:23 WIB

Melongok Fakta Candi Borobudur yang Jadi Lokasi Perayaan Hari Waisak

16 Mei 2022 - 18:02 WIB

Terbaru, Harga Tiket Masuk Candi Borobudur dan Jam Operasional

16 Mei 2022 - 17:48 WIB

Waisak dan 5 Kawasan Wisata Religi Bersejarah yang Wajib Dikunjungi

16 Mei 2022 - 09:33 WIB

Trending di Wisata