Friday, 19 April 2024
HomeNasionalPenumpang di Stasiun Manggarai Membeludak di Hari Kerja Perubahan Rute KRL

Penumpang di Stasiun Manggarai Membeludak di Hari Kerja Perubahan Rute KRL

Bogordaily.net, Jakarta menjadi pembicaraan. Hal itu menyusul perubahan rute yang dilakuan Commuter atau kereta listrik (KRL) sejak Sabtu 28 Mei 2022 lalu. Pada hari pertama kerja, Senin, 30 Mei 2022 penumpukan penumpang pun tak terhindarkan.

Seperti diketahui, perubahan rute di antaranya jalur dari Cikarang/Bekasi dan Bogor/Depok/Nambo. Perubahan tersebut membuat penumpang harus melakukan transit di , Jakarta Selatan.

Dilansir Suara.com, sekitar pukul 08.30 WIB hingga pukul 10.00 WIB, kepadatan penumpang terjadi di peron 6 dan 7 atau tepatnya di Main Hall .

Karena kedua rute tersebut menjadi lokasi transit penumpang yang datang dari arah dari Bogor, Depok, dan Nambo untuk menuju Tanah Abang, Duri, Angke, Kampung Bandan, Bekasi dan Cikarang.

Meski terjadi kepadatan penumpang, tetapi masih dapat terurai. Hal itu terjadi karena petugas KRL yang turun langsung untuk mengarahkan penumpang ke peron yang dituju.

Pemandangan pada hari ketiga ini, tidak seperti hari pertama penerapannya, yang membuat jumlah penumpang membludak, memadati .

Diketahui, Per 28 Mei 2022, rute hanya melayani rute langsung menuju Jakarta Kota. Penumpang dari arah Bogor yang ingin menuju Stasiun Sudirman, Stasiun Tanah Abang, ataupun Stasiun Kampung Bandan maka harus transit dan berganti kereta di .

Sebelumnya terdapat dua jurusan langsung yang disediakan yaitu Bogor-Jakarta Kota dan Bogor-Jatinegara yang salah satunya melintasi Stasiun Sudirman dan Stasiun Tanah Abang.

Penumpang Bogor yang akan menuju Tanah Abang dapat transit di dengan melewati dua stasiun yakni Stasiun Sudirman dan Stasiun Karet.

“Nantinya pengguna KRL tidak harus menyeberang jalur rel lagi dan bisa mengurangi aktivitas di passengers crossing yang berpotensi membahayakan nyawa penumpang saat menyeberang jalur rel,” ujar Vice President (VP) Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba Anne belum lama ini.

Para penumpang KRL dari Bogor yang ingin menuju ke beberapa stasiun seperti Sudirman, Tanah Abang, Duri Kampung Bandan, hingga Jatinegara sudah tidak bisa langsung. Jika tetap ingin menuju stasiun-stasiun tersebut bisa tetap dilakukan dengan transit di .

Tidak hanya rute Bogor, KRL Cikarang/Bekasi juga akan dialihkan. Tidak ada lagi rute Stasiun Cikarang/Bekasi ke arah Stasiun Jakarta Kota. Dari Stasiun Cikarang/Bekasi rutenya akan memutar ke arah Sudirman, Tanah Abang, Duri, Kampung Bandan, Jatinegara, dan kembali ke Cikarang.

Bagi penumpang yang akan ke arah Jakarta Kota dari Bekasi ataupun Cikarang bisa melakukan transit di dan berganti kereta menuju jalur Bogor-Jakarta Kota.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here