Thursday, 25 April 2024
HomeKulinerResep Sempol Ayam Mudah dan Nikmat, Cocok untuk Ide Jualan

Resep Sempol Ayam Mudah dan Nikmat, Cocok untuk Ide Jualan

Bogordaily.net– merupakan jajanan kaki lima yang menjadi salah satu favorit masyarakay. Rasanya sangat gurih, apalagi jika disantap dengan saus sambal saat sedang masih panas. Sesuai dengan namanya, terbuat dari daging ayam yang dicampur dengan tepung kanji dan berbagai bumbu penyedap. Meski awalnya hanya ditemukan di wilayah Jawa Timur, tepatnya Kota Malang, saat ini, sudah banyak ditemukan di daerah lain bahkan di ibu kota. Nah bagi yang ingin membuatnya sendiri di rumah bisa dicoba dengan sebagaimana dilansir Suara.com dari kanal YouTube Mama Adeeva, berikut ini.

Bahan:

250 gram daging ayam, haluskan

1 buah wortel, serut

2 batang daun bawang

6 sendok makan tepung sagu

3 sendok makan tepung terigu

1 butir putih telur

1 butir telur utuh

1 sendok teh garam

½ sendok teh lada bubuk

½ sendok teh gula pasir

½ sendok teh kaldu bubuk

4 siung bawang merah, haluskan

2 siung bawang putih, haluskan

Cara membuat:

Pertama campurkan daging ayam dengan wortel, daun bawang, bawang putih, tepung sagu, tepung terigu, lada bubuk, kaldu bubuk, garam, dan gula pasir. Campur semua bahan sampai benar-benar rata.

Setelah itu, tempelkan adonan ke atas plastik bening kemudian bentuk sebagaimana sempol seharusnya dan tambahkan juga tusukan di bagian bawahnya. Lakukan sampai semua adonan habis.

Selanjutnya, rebus dengan air mendidih dan tambahkan minyak goreng di dalamnya supaya tidak lengket.

Rebus sempol dengan api kecil. Tunggu sampai sempol mengapung. Pastikan semua bagian sempol terendam supaya matangnya merata.

Sementara itu, kocok 1 butir telur dengan sedikit garam untuk digunakan sebagai bahan pelapis.

Setelah itu, goreng sempol yang sudah direbus dengan melapisinya menggunakan kocokan telur tadi. Goreng dengan api kecil dan pastikan semua bagiannya matang merata.

Setelah sempol berwarna kuning kecoklatan, angkat lalu tiriskan.

siap disantap.

Itulah resep yang mudah. Selain bisa dibuat sebagai camilan dengan keluarga, juga bisa menjadi ide usaha yang cukup menjanjikan!***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here