Thursday, 25 April 2024
HomeKota BogorRute KRL Commuter Line Berubah, Begini Kata Penumpang Asal Bogor

Rute KRL Commuter Line Berubah, Begini Kata Penumpang Asal Bogor

Bogordaily.net Mulai 28 Mei 2022, rute Commuter Line mengalami perubahan. Commuter Line dari arah Bogor nantinya hanya akan melayani rute langsung menuju Jakarta Kota. Lalu bagaimana tanggapan penumpang?

Salah satu pengguna Lisna mengatakan perubahan rute tersebut akan membuat banyak para penumpang berkumpul untuk transit di Stasiun Manggarai. Sehingga kata dia perlu jadwal yang pasti agar tidak terjadi penumpukan.

“Sedikit agak rumit, yang penting penjelasannya itu ada, terus sesuai sama tepat waktunya. Karena kalau misalnya nunggu juga itu kan gak enak juga takut kepadatan,” ujarnya kepada Bogordaily.net, Kamis, 26 Mei 2022.

Penumpang lainnya Rahma menilai dengan perubahan rute tersebut berdampak pada waktu tempuh penumpang yang harus melakukan transit.

“Kasian yang mau ke Tanah Abang aja yang mau ke yang lain-lain karena kan harus transit dulu” ungkapnya.

Sementara itu sebelumnya diberitakan mulai 28 Mei 2022, rute Commuter Line  hanya melayani rute langsung menuju Jakarta Kota. Penumpang dari arah Bogor yang ingin menuju Stasiun Sudirman, Stasiun Tanah Abang, ataupun Stasiun Kampung Bandan maka harus transit dan berganti kereta di Stasiun Manggarai.

Seperti diketahui, sebelumnya terdapat dua jurusan langsung yang disediakan yaitu Bogor-Jakarta Kota dan Bogor-Jatinegara yang salah satunya melintasi Stasiun Sudirman dan Stasiun Tanah Abang. Penumpang Bogor yang akan menuju Tanah Abang dapat transit di Stasiun Manggarai dengan melewati dua stasiun yakni Stasiun Sudirman dan Stasiun Karet.

“Nantinya pengguna tidak harus menyeberang jalur rel lagi dan bisa mengurangi aktivitas di passengers crossing yang berpotensi membahayakan nyawa penumpang saat menyeberang jalur rel,” ujar Vice President (VP) Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba Anne dalam keterangan tertulis yang dikutip Minggu, 22 Mei 2022.

Perubahan rute dilakukan dalam rangka penyesuaian pembangunan pada Stasiun Manggarai.Dalam Grafik Perjalanan (GAPEKA) Commuter Line terbaru yang akan berlaku 28 Mei, rute Bogor-Jatinegara bakal dihapus.

Para penumpang dari Bogor yang ingin menuju ke beberapa stasiun seperti Sudirman, Tanah Abang, Duri Kampung Bandan, hingga Jatinegara sudah tidak bisa langsung. Jika tetap ingin menuju stasiun-stasiun tersebut bisa tetap dilakukan dengan transit di Stasiun Manggarai.

Tidak hanya rute Bogor, KRL Cikarang/Bekasi juga akan dialihkan. Tidak ada lagi rute Stasiun Cikarang/Bekasi ke arah Stasiun Jakarta Kota. Dari Stasiun Cikarang/Bekasi rutenya akan memutar ke arah Sudirman, Tanah Abang, Duri, Kampung Bandan, Jatinegara, dan kembali ke Cikarang.

Bagi penumpang yang akan ke arah Jakarta Kota dari Bekasi ataupun Cikarang bisa melakukan transit di Stasiun Manggarai dan berganti kereta menuju jalur Bogor-Jakarta Kota.(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here