Perbedaan Ejakulasi Dini dan Ejakulasi Tertunda

Menu

Mode Gelap
Diduga Ruko di Desa Rancabungur Jadi Sarang Penjualan Obat Terlarang Muncul Lagi di Wuhan, China Alami Lonjakan Kasus Covid-19 Banyak Masalah, Kemensos RI Cabut Izin ACT! Cek Lokasi Perpanjangan SIM Kota Bogor, Rabu 6 Juli 2022 Mau Kuliah Gratis di STAI Al-Hidayah? Cek Persyaratannya!

Kesehatan · 18 Mei 2022 22:30 WIB

Sama-Sama Mengganggu Hubungan, Ini Perbedaan Ejakulasi Dini dan Ejakulasi Tertunda


 Ilustrasi. (Shutterstock/Suara.com/Bogordaily.net) Perbesar

Ilustrasi. (Shutterstock/Suara.com/Bogordaily.net)

Bogordaily.net– Impotensi atau disfungsi ereksi seperti ejakulasi dini dan ejakulasi tertunda dianggap bisa menganggu keharmonisan pasangan suami istri. Disfungsi ereksi merupakan ketidakmampuan pria untuk mencapai atau mempertahankan ereksi guna mencapai aktivitas seksual yang memuaskan. Nah, banyak orang lebih mengenal istilah ejakulasi dini. Namun, ternyata pria juga bisa mengalami ejakulasi tertunda yang sama-sama menganggu. Lalu, apa perbedaannya?

Dokter Spesialis Urologi Konsultan Andrologi Urologi RS Eka Hospital Bekasi, dr. Widi Atmoko, Sp.U (K) mengatakan istilah bisa dikenal dengan faktor risiko usia penderitanya.

Ejakulasi dini umumnya terjadi pada usia muda, yakni 18 hingga 59 tahun. Sedangkan ejakulasi tertunda terjadi pada lelaki seiring pertambahan umur atau penuaan.

“Ejakulasi dini biasanya terjadi pada lelaki yang mengalami masalah psikologis seperti kecemasan, konflik hipersesitivitas, dan refleks berlebih,” ujar dr. Widi melalui keterangan dilansir dari Suara.com.

Jika ejakulasi dini menjadi keluhan yang sangat umum, maka ejakulasi tertunda hanya terjadi pada 3 persen populasi pria, khususnya bagi mereka yang kerap mengonsumsi antidepresian yang bisa meningkatkan hormon serotonin atau hormon bahagia di otak.

Sedangkan untuk mengenali gejalanya, ejakulasi dini menyebabkan sperma atau orgasme, sudah terjadi dalam waktu kurang dari satu menit setelah penis penetrasi ke vagina.

Kebalikan dari ejakulasi dini, ejakulasi tertunda membuat lelaki butuh waktu lebih lama untuk bisa orgasme atau keluarnya sperma atau harus menunggu 30 hingga satu jam setelah penetrasi atau bahkan tidak bisa ejakulasi maupun orgasme sama sekali.

“Ejakulasi tertunda juga bisa disebabkan oleh libido yang rendah atau hipogonadisme yakni kadar testosteron yang rendah karena pertambahan usia,” imbuhnya.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Makan Buah Duku Kebanyakan Bisa Bikin Gendut

6 Juli 2022 - 19:49 WIB

Cara Agar Bulu Mata Lentik, Konsumsi Makanan Ini!

6 Juli 2022 - 18:01 WIB

Awas! Ini yang Terjadi pada Kulit Jika Mencuci Muka Pakai Air Berlebihan

6 Juli 2022 - 17:11 WIB

5 Penyebab Mundurnya Siklus Menstruasi Pada Wanita

6 Juli 2022 - 16:23 WIB

siklus menstruasi

4 Manfaat Mandi Air Hangat, Bikin Kualitas Tidur Lebih Baik

6 Juli 2022 - 10:12 WIB

Mandi Air Hangat

Atasi Susah Kentut  dengan 4 Cara Ini, Buang Angin Lebih Lancar

5 Juli 2022 - 22:48 WIB

Trending di Kesehatan