Friday, 26 April 2024
HomeNasionalSindikat Skimming Berhasil Dibekuk, Ini Modus Kejahatannya

Sindikat Skimming Berhasil Dibekuk, Ini Modus Kejahatannya

Bogordaily.net – Dirkrimsus Polda Kepri Kombes Pol Teguh Widodo mengungkapkan bahwa anggotanya berhasil meringkus tiga pelaku Sindikat Skimming atau pencurian antara lain berinisial VT asal Bulgaria, JP (WNI) dan CC (WNI).

Adapun sindikat pencuri ini hanya memakai alat sederhana yaitu, berbekal kartu duplikat. Para sindikat skimming tersebut mencairkan uang Riau dengan tarik tunai di beberapa mesin anjungan tunai mandiri ().

Mereka mencairkan uang dari data nasabah menggunakan puluhan kartu yang sudah para pelaku lakukan duplikat (salinan).

“Pelaku mencairkan uang nasabah itu dari beberapa . Baik bersama maupun Bank Riau Kepri. Transaksi tarik tunai pakai kartu yang sudah diduplikat,” papar Teguh kepada awak media, di Batam, Kepulauan Riau, dikutip dari PMJ, Rabu 25 Mei 2022.

Usai uang itu berhasil mereka ambil, kemudian para pelaku menggunakannya untuk kepentingan pribadi.

Disebutkan pula bahwa penggunaan uang yang berhasil ditarik oleh para pelaku tersebut digunakan untuk bersenang-senang (foya-foya).

Masih dari keterangan Teguh, masih ada satu orang lagi pelaku berinisial A yang belum tertangkap dan masuk daftar pencarian orang (DPO).

Pelaku berinisial A ini merupakkan pelaku yang bertanggung jawab melakukan penyalinan data dari nasabah yang baru melakukan transaksi di mesin Bank Riau Kepri yang telah dipasang perangkap chip elektronik.

“Si A ini adalah pelaku yang melakukan penyalinan data dari kartu milik para Riau Kepri.”tuturnya.

“Sedangkan ketiga pelaku yang sudah ditangkap ini hanya berperan sebagai pemasang perangkap cip elektronik di mesin yang telah ditargetkan,” tandasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here