Sosok Mohamed bin Zayed, Presiden Baru Uni Emirat Arab

Menu

Mode Gelap
Mau Kuliah Gratis di STAI Al-Hidayah? Cek Persyaratannya! Harga Emas Antam Masih Rp 989.0000 Hari Ini Mediasi Pertama, Angga Wijaya Tetap Ingin Bercerai dengan Dewi Perssik Tepok Bulu Vindes 2022: Hesti-Erika Menang Lawan Raisa-Anya Geraldine Pemerintah Perpanjang PPKM di Luar Jawa-Bali Sampai 1 Agustus

Tokoh · 16 Mei 2022 22:50 WIB

Sosok Pangeran Mohamed bin Zayed, Presiden Baru Uni Emirat Arab


 Mohammed bin Zayed (Bandar Algaloud/Handout via Reuters/Tempo/Bogordaily.net) Perbesar

Mohammed bin Zayed (Bandar Algaloud/Handout via Reuters/Tempo/Bogordaily.net)

Bogordaily.net– Pangeran Mohamed bin Zayed atau MBZ terpilih sebagai presiden UEA sehari setelah mantan pemimpin sebelumnya sekaligus kakaknya, Sheikh Khalifa, meninggal dunia. Ia dipilih oleh Dewan Tertinggi Federal menjadi penguasa negara kaya minyak yang didirikan oleh ayahnya itu pada tahun 1971. Lalu siapa sosok Pangeran Mohamed bin Zayed? Berikut rangkuman profil Pangeran Mohamed bin Zayed.

Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) secara resmi terpilih sebagai Presiden Uni Emirat Arab (UEA) sejak Sabtu, 14 Mei 2022 lalu.

Pangeran MBZ lahir pada 11 Maret 1961. Ia dikirim ke sekolah militer di Inggris dan lulus dari Akademi Militer Kerajaan Sandhurst yang terkenal pada 1979. Dengan cepat, MBZ naik pangkat menjadi komandan angkatan udara, wakil kepala staf, dan akhirnya kepala staf pada Januari 1993, dan setahun kemudian dipromosikan ke pangkat jenderal.

MBZ dinobatkan sebagai putra mahkota Abu Dhabi pada November 2004 adalah putra ketiga Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, pendiri UEA. Dia menjabat sebagai wakil komandan angkatan bersenjata dan ketua Dewan Eksekutif Abu Dhabi yang mengontrol keuangan substansial emirat.

Sejak menjadi Putra Mahkota, MBZ telah memimpin penataan kembali Timur Tengah, menciptakan poros anti-Iran baru dengan Israel, dan memerangi gelombang pasang politik Islam yang marak di wilayah.

Dikutip Kompas.com dari AFP, MBZ dipandang sebagai orang kuat yang telah mendorong kebangkitan negara Teluk itu menjadi lebih menonjol. Selama bertahun-tahun, ia menjadi kekuatan di belakang tahta Abu Dhabi, ibu kota UEA.

Walaupun MBZ jarang berbicara di depan umum, ambisinya telah diperlihatkan dalam beberapa tahun terakhir saat UEA membangun profilnya sebagai pemain regional. Dalam waktu singkat, UEA telah membangun program tenaga nuklir dan mengirim manusia ke luar angkasa. Pada Juli 2020, ia bergabung dengan klub elit lain dengan mengirimkan penyelidikan ke Mars, untuk menandai peringatan 50 tahun penyatuannya.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Profil Ibnu Khajar, Presiden ACT Pengganti Ahyudin

5 Juli 2022 - 17:03 WIB

Sosok Princess Leonor, Putri Sulung Raja Felipe VI yang Warisi Takhta Kerajaan Spanyol

5 Juli 2022 - 16:53 WIB

Sundar Pichai, Dulu Hidup Susah Kini Jadi Bos Google

4 Juli 2022 - 14:35 WIB

Sosok Pemimpin ACT dan Daftar Nama Petinggi Yayasan

4 Juli 2022 - 09:25 WIB

Pemimpin ACT

Profil dan Biodata Ariel NOAH, Sang Vokalis yang Berkarismatik

3 Juli 2022 - 20:04 WIB

profil ariel

Profil Maxime Bouttier, Aktor Indonesia yang Kini Bintangi Film Hollywood

3 Juli 2022 - 07:57 WIB

Trending di Tokoh