Friday, 26 April 2024
HomeTravellingTaman Safari Indonesia Edukasi Penyelamatan Elang Jawa di Habitat Aslinya

Taman Safari Indonesia Edukasi Penyelamatan Elang Jawa di Habitat Aslinya

Bogordaily.net – Masih ada tanggung jawab lain sebagai lembaga konservasi, gelar “Sosialisasi Pendidikan Konservasi Elang Jawa” di Pusat Pendidikan Konservasi Elang Jawa, Cimungkad, Sukabumi.

Program & sosialisasi diikuti oleh anak sekolah yang hadir langsung berpartisipasi dalam acara, harapannya dengan memperkenalkan satwa endemik Indonesia bisa ikut serta menjaga agar populasinya terlindungi dan dapat terus dilestarikan.

Program tersebut dihadiri oleh Direktur Drs. Jansen Manansang, M.Sc, Dirjen KSDAE Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Bupati Sukabumi, Plt. Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Kepala Balai Besar BKSDA Jawa Barat dan Direksi PT. Smelting.

“Melalui sosialisasi pendidikan konservasi Elang Jawa ini kiranya dapat menjadi media pendidikan, pemahaman untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian semua pihak akan pentingnya melestarikan satwa langka ini agar dapat diwariskan kepada para generasi mendatang dan berkelanjutan,” kata Direktur , Jansen Manansang.

Selain menjalankan fungsi sebagai lembaga konservasi, kegiatan ini juga memiliki tujan utama yaitu konservasi berkelanjutan (Sustainable Conservation in Action).

Sejak tahun 2018 Lembaga Konservasi bekerja sama dengan PT. Smelting dan dukungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk melaksanakan program pengembangbiakan ex situ Elang Jawa.

Saat ini Lembaga Konservasi memiliki spesies pengelolaan elang jawa yang terdiri dari 14 ekor yang berasal dari 3 pasang indukan dan sukses anakan hasil pengembangbiakan 8 ekor.

Dari anakan hasil breeding ini, sebagian sudah kami persiapkan sebagai kandidat untuk program pelepasliaran sebagai upaya mendukung pelestarian berkelanjutan spesies tersebut.

Sebagai lembaga konservasi, () lebih dari 30 tahun telah menjadi leading dalam kegiatan konservasi di Indonesia maupun internasional.

telah berhasil dalam kegiatan-kegiatan konservasi spesies seperti Gajah Sumatera, Badak Sumatera, Harimau Sumatera, Jalak Bali, Jalak Putih, Banteng Jawa, Anoa, Lumba-lumba dan spesies lainnya termasuk burung yang menjadi Lambang Negara yaitu elang jawa*

(Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here