Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaTips Mengatasi Anak Malas Sekolah Setelah Liburan

Tips Mengatasi Anak Malas Sekolah Setelah Liburan

Bogordaily.net – Tips mengatasi anak malas setelah liburan perlu diketahui para orang tua agar anak tetap semangat belajar tatap muka di setelah liburan panjang.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan para orang tua. Apalagi, setelah libur panjang Lebaran Tahun 2022. Apa yang perlu dilakukan orangtua?

Sebagian sudah kembali menerapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM), sehingga kerap ada rasa enggan dan malas untuk ke luar rumah.

Berikut ini beberapa tips mengatasi anak malas tatap muka, setelah liburan, mengutip siaran pers Ruang Guru, Sabtu 14 Mei 2022.

1. Ajak Anak Membuat Target atau Goals

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa menetapkan tujuan belajar secara konsisten mampu membuat diri lebih termotivasi dan belajar dengan lebih serius.

Mulailah dengan menetapkan tujuan sederhana untuk membuat anak lebih fokus, seperti melakukan diskusi dengan membaca buku pelajaran dan berdiskusi mengenai mulainya PTM.

Cari tahu apa yang akan mereka pelajari di dan jika ada hal spesifik yang ingin mereka capai, bantulah mereka untuk menyusun langkah-langkah yang dapat diambil untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Perhatikan Kondisi Mental Anak

Orangtua sebaiknya tetap terlibat dalam apa yang terjadi dalam kehidupan anak mereka secara akademis, sosial, dan emosional.

Orangtua perlu untuk mengenali kondisi anak, terlebih dari sisi kesiapan mental mereka. Ketika mereka merasa mulai lelah secara mental, dampingi anak untuk membuat daftar hal yang perlu menjadi prioritas dan apa yang dapat dikesampingkan terlebih dahulu.

3. Biasakan Rutinitas Tatap Muka

Selama liburan, jadwal biasanya lebih santai dan anak-anak terbiasa tidur dan bangun lebih lambat, yang dapat mempersulit hari-hari pertama .

Sehingga membiasaan rutinitas baru yang dimulai beberapa hari lebih awal sebelum masuk , dapat membantu anak agar lebih terbiasa bangun tepat waktu ketika dimulai.

Anak-anak sangat sensitif terhadap rutinitas, sehingga bisa coba aturan tanpa elektronik satu jam sebelum waktu tidur.

4. Memantau Perkembangan Akademik

Untuk membantu siswa dalam mempersiapkan diri dengan lebih baik pasca liburan, para orang tua dapat memanfaatkan platform edukasi untuk terus memantau pembelajaran siswa dan mendukung perkembangan akademiknya.

Selain itu, orang tua juga secara berkala memeriksa pekerjaan rumah anak, serta mengajukan pertanyaan tentang tugas untuk memastikan bahwa selama liburan tidak ada tugas yang tertinggal. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here