Sunday, 5 May 2024
HomeBeritaWaspada! Gejala Utama Hipertensi dari Sakit Kepala Berdenyut hingga Kelelahan

Waspada! Gejala Utama Hipertensi dari Sakit Kepala Berdenyut hingga Kelelahan

Bogordaily.net–  Sebagian besar kematian dini di seluruh dunia disebabkan tekanan darah tinggi atau . Badan Dunia (WHO) menyebut 1,28 miliar orang usia 30 hingga 79 tahun di seluruh dunia menderita dan 46 persen di antaranya tidak menyadari bahwa dirinya memiliki kondisi ini. Salah satu cara paling efektif untuk mencegah memburuk adalah dengan mengenali gejala sejak dini dan memulai perawatan medis. Dilansir Suara.com dari Times of India, berikut gejala :

Sakit kepala yang tidak dapat dijelaskan

Orang dengan tekanan darah tinggi kerap mengalami sakit kepala, yang terasa seperti sensasi berdenyut di seluruh kepala dan paling sering terjadi di pagi hari. Kondisi ini disebabkan oleh meningkatkan tekanan di tempurung kepala hingga menyebabkan sakit kepala.

Sakit dada

Nyeri dada yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi disebut angina. Para ahli mendefinisikan angina sebagai tekanan yang berat, sesak atau nyeri, di dada. Ini juga disebut angina pectoris, disebabkan oleh berkurangnya aliran darah ke jantung.

Penglihatan kabur

Tekanan darah tinggi mempengaruhi daya penglihatan. Sebab, tekanan darah diri dapat menekan pembuluh darah di mata yang disebut retinopati . Jika Anda melihat perubahan dalam penglihatan, pastikan untuk mendapatkan pengobatan.

Kelelahan

Kelelahan memiliki hubungan erat dengan tekanan darah tinggi. Jika mengalami kelelahan yang luar biasa terlepas dari sifat pekerjaan dan lingkungan, disarankan untuk melakukan tes tekanan darah. Di sisi lain salah satu faktor meningkatnya kasus adalah kurangnya kepatuhan minum obat dan kesadaran untuk memonitor tekanan darah secara rutin. Studi dari Organisasi Dunia (WHO) mengungkap bahwa 53 persen wanita dan 62 persen laki-laki atau 720 juta penderita tidak menerima pengobatan yang dibutuhkan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here