Thursday, 28 March 2024
HomeKulinerWisata Kuliner Bogor Terhits 2022

Wisata Kuliner Bogor Terhits 2022

Bogordaily.net – Lagi Laper? Cobain wisata terhits 2022 dan Sepanjang Masa. Jika Anda jalan-jalan ke Bogor belum lengkap tanpa mencicipi kuliner khas Bogor yang enak dan murah meriah.

Bukan cuma Bandung yang terkenal akan kelezatannya, pun sangat enak dan maknyus lho. Kira-kira apa saja ya makanan daerah khas Bogor yang wajib kita cobain?

Nah, karena saking banyaknya aneka tempat di Bogor yang enak dan murah, Wisata Bogor kali ini telah menyiapkan 5 Tempat Dekat Stasiun yang maknyus menggugah selera dan harganya bersahabat alias murah meriah. Yuk, simak kuliner khas Bogor yang wajib Anda cicipi saat berkunjung ke Bogor berikut.

1. Doclang Khas Bogor

Jika Cirebon punya docang, maka Bogor punya doclang. Doclang ini mirip dengan kupat tahu dan lontong sayur. Doclang ini terdiri dari pesor, irisan tahu goreng, irisan kentang rebus goreng, telur rebus, bumbu kacang cair, kecap dan kerupuk atau emping tangkil.

Pesor adalah sejenis ketupat yang terbuat dari beras putih yang dibungkus dengan menggunakan daun patat dan direbus selama beberapa jam. Sementara daun patat ini biasanya tumbuh liar di kaki Gunung Salak. Beberapa penjual doclang yang fanatik biasanya juga hanya menggunakan kecap merk Zebra yang merupakan kecap asli Bogor. Saat ini, sudah tidak terlalu banyak penjual doclang di kota Bogor. Masih ada segelintir penjual yang berjualan dekat stasiun Bogor. Jika sedang di sana mampir deh, dan coba rasakan sensasi makan Doclang khas Bogor.

2. Asinan Bogor

Ini dia kuliner khas Bogor yang sudah melekat dengan image Kota Bogor. Meskipun saat ini asinan dapat ditemukan di Jakarta dan kota-kota lainnya, namun menikmati asinan asli Bogor akan menimbulkan sensasi tersendiri. Ingin mencicipi asinan asli khas Bogor? Datang saja ke Asinan Sedap Gedung Dalam di Jalan Siliwangi No. 27C atau di Jalan Pajajaran No. 1 Komplek Ruko V, Bogor.

Tersedia dua macam asinan yaitu asinan buah dan asinan sayur, Anda juga memesan asinan campur. Asinan di sini dikenal memiliki rasa yang khas dan tak berubah sejak tahun 1978. Menurut pemiliknya, hal ini dikarenakan asinan masih menggunakan resep keluarga dengan tetap memakai gula asli dan tidak ada tambahan bahan pengawet. Asinan juga termasuk salah satu oleh oleh khas Bogor yang wajib dibeli saat liburan ke Bogor.

3. Sop Buah Pak Ewok

Sop Buah Pak Ewok yang berslogan Segar, Enak, dan Murah ini sudah cukup lama menjadi tujuan di Bogor. Dikunjungi oleh berbagai usia, harga di Sop Buah Pak Ewok ini sangatlah terjangkau, hanya 8.000 Rupiah saya untuk sop buah biasa, dan 13.000 Rupiah untuk sop buah duren.

Selain berbagai jenis sop buah, tempat di Bogor yang enak dan murah ini juga menyediakan batagor, pempek, nasi ayam, nasi timbel, roti goreng, otak-otak, roti cane, siomay, mie ayam jamur, sate ayam, nasi bogana, steak iga bakar, dan juga dim sum.

4. Bapatong Khas Bogor

Bapatong adalah singkatan dari bakso kupat gentong yang merupakan salah satu kuliner khas Bogor yang paling dicari pecinta kuliner. Yang membedakan Bapatong dengan bakso pada umumnya adalah adanya potongan dadu ketupat dan juga potongan dadu iga sapi di dalamnya. Ditambah dengan kaldu sapi, bakso, bihun, mie kuning, dan pangsit, makanan yang biasanya disantap hangat ditemani dengan es dower ini sangatlah cocok untuk makan siang.

Es dower sendiri adalah es yang terbuat dari santan kepala beku ditambah dengan gula dan irisan buah serta agar-agar. Harga dari Bapatong tidaklah mahal, hanya 15.000 Rupiah saja. Bapatong dapat ditemukan di Jalan Taman Kencana, Bogor. Rugi deh kalau datang jauh-jauh ke Bogor tak menyicipi kuliner khas Bogor yang enak ini.

5. Toge Goreng

Ingin merasakan Bogor yang sulit ditemukan di Kota lain? Cobain deh Toge Goreng. Kuliner khas Bogor yang enak dan murah meriah ini sebenarnya tidak dimasak dengan cara digoreng, melainkan direbus. Toge yang direbus, dicampur dengan mie telor kuning dan irisan tahu goreng (terkadang juga ditambah ketupat).

Campuran ini lalu disiram dengan bumbu berbahan dasar oncom dan tauco dan diberi tambahan kecap manis. Rasanya sangat sedap dengan sensasi manis dan asin. Toge goreng ini sangat nikmat disantap dalam kondisi masih hangat, apalagi bila hujan sedang turun di Kota Hujan ini.

Demikian ulasan kami seputar 5 Tempat Dekat Stasiun. Semoga menjadi referensi anda untuk berwisata kuliner di Bogor ya, mari budayakan melestarikan warisan kuliner di setiap daerah di Nusantara. Selamat berwisata kuliner!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here