3 Manfaat Buah Jujube yang Mirip Kurma, No 1 Cocok untuk Susah Tidur

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Polandia vs Argentina Piala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor

Kuliner · 10 Jun 2022 10:30 WIB

3 Manfaat Buah Jujube yang Mirip Kurma, No 1 Cocok untuk Susah Tidur


 Ilustrasi gambar manfaat jujube. (freepik) Perbesar

Ilustrasi gambar manfaat jujube. (freepik)

Bogordaily.net – Ini bukan buah kurma tapi bentuknya sangat mirip dengan kurma yang tumbuh di tanah arab. Namanya, Jujube tapi buah ini juga memliki manfaat yang sangat banyak.

Buah Jujube mungkin terdengar sedikit aneh untuk nama buah. Akan tetapi, buah ini memiliki kandungunga nutrisi tinggi. Buah dengan nama ilmiah Ziziphus jujuba ini memiliki kelopak kecil berwarna hijau kekuningan dan buah berbiji yang seukuran kurma. Lantas, apa saja manfaat jujube?

Diketahui, buah-buahan ini berasal dari Asia selatan, termasuk Cina selatan dan tengah. Namun, sekarang telah diperkenalkan ke seluruh dunia, terutama Eropa, dan tersedia di banyak toko impor buah eksotis. Jujube dikenal juga dengan sebutan kurma Cina atau kurma merah.

Yang paling menakjubkan tentang buah jujube adalah bahwa ia sudah tumbuh lebih dari 10.000 tahun. Pada masa tersebut, lebih dari 400 kultivar yang berbeda ditemukan. Dalam penggunaan kuliner, jujube dikonsumsi sebagai buah, permen kering atau dalam bentuk jus. Di beberapa negara, bijinya dibuang dan dagingnya ditumbuk dengan gula dan buah- buahan lain menjadi kue yang bisa dijemur.

Terlepas dari bagaimana cara jujube dikonsumsi, antioksidan kuat dan senyawa organik yang ditemukan dalam buah yang mengesankan ini akan memberi Anda berbagai efek yang baik untuk kesehatan tubuh. Nah mlansir dari sejumlah sumber, berikut ini manfaat buah jujube yang menarik untuk diketahui.

1. Membantu Mengatasi Insonmia

Bagi orang yang menderita insomnia atau gelisah, mengkonsumsi ekstrak biji buah jujube bisa menjadi obat yang baik. Sifat menenangkan dari senyawa organik yang terkandung dalam buah yang bermanfaat ini dapat menenangkan tubuh dan pikiran, jadi jika Anda merasa tidak bisa tidur di malam hari, mungkin rebusan jujube kecil adalah yang Anda butuhkan.

2. Mengatur Sirkulasi

Buah jujube adalah sumber yang kaya akan zat besi dan fosfor, yang merupakan bahan utama dalam sel darah merah. Jika Anda mengalami anemia, ini berguna untuk meningkatkan asupan zat besi dan fosfor dan membantu juga dalam meningkatkan aliran darah hingga mengoksidasi sistem organ Anda lebih efektif.

3. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Dengan meningkatkan mineral seperti kalsium, fosfor, dan zat besi (yang semuanya terdapat dalam jujube), Anda dapat memastikan tulang Anda tetap tangguh dan kuat. Seiring bertambahnya usia, kita cenderung menderita osteoporosis dan kondisi penurunan tulang lainnya, jadi menambahkan buah jujube ke dalam makanan Anda dapat memperlambat atau masalah tulang tersebut. ***

Sumber: suara.com

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Cemilan Lezat dan Ekonomis Hanya dengan 2 Bahan Ini, Hasilnya Enak

2 Desember 2022 - 15:47 WIB

cemilan 2 bahan

Cemilan Unik Lumpur Surga dan Ice Tea Magic Dapurasa Ibu Wie, Ini Lokasinya

1 Desember 2022 - 19:52 WIB

cemilan lumpur surga

5 Rekomendasi Tempat Makan Gudeg di Jogja yang Menggoyang Lidah

30 November 2022 - 19:30 WIB

tempat makan gudeg di Jogja

Menikmati Sensasi Mie Ayam Lada Hitam  

29 November 2022 - 13:33 WIB

Cemilan Asyik, Pisang Tanduk Cifor dengan Aneka Toping di Kota Bogor

28 November 2022 - 19:01 WIB

Pisang Goreng Cifor

Spesial Anniversary ke-3, LGE Beri Promo Wancikiwari Suki & Grill Garden

28 November 2022 - 15:52 WIB

Wancikiwari Suki
Trending di Kuliner