Allison Candy, Mahasiswi Kristen Jadi Lulusan Terbaik UIN Jakarta

Menu

Mode Gelap
Rincian Harga Emas di Pegadaian Senin, 26 September 2022 Cepat dan Mudah, Berikut Lokasi Perpanjang SIM Kota Bogor Hari Ini Heboh Rumor Xi Jinping Dikudeta, Jadi Tahanan Rumah Bertambah, Kasus Positif Covid-19 di Tanah Air Capai 1.411 Pasien 5 Penyakit yang Wajib Diwaspadai Saat Musim Hujan

Tokoh · 8 Jun 2022 13:28 WIB

Allison Candy, Mahasiswi Kristen Jadi Lulusan Terbaik UIN Jakarta


 Rahasimamonjy Lovanavalona Allison Candy menjadi satu-satunya wisudawati Kampus UIN Jakarta beragama Kristen yang berhasil menyelesaikan studi dengan baik. [uinjkt.ac.id] Perbesar

Rahasimamonjy Lovanavalona Allison Candy menjadi satu-satunya wisudawati Kampus UIN Jakarta beragama Kristen yang berhasil menyelesaikan studi dengan baik. [uinjkt.ac.id]

Bogordaily.net – UIN Jakarta menobatkan Rahasimamonjy Lovanavalona Allison Candy sebagai satu-satunya mahasiswi Kriten UIN Jakarta yang berhasil menyelesaikan studinya predikat cumlaude.

Ia berhasil lulus menjadi sarjana dari Program Studi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Jakarta (FISIP UIN Jakarta).

Candy menjadi satu-satunya wisudawati beragama Kristen yang berhasil menyelesaikan studinya dengan predikat cumlaude dengan IPK 3,65 dari UIN Jakarta yang notabene merupakan salah satu Perguruan Tinggi Keagaamaan Islam Negeri (PTKIN). Yuk simak fakta Rahasimamonjy Lovanavalona Allison Candy berikut ini.

Profil Rahasimamonjy Lovanavalona Allison Candy

Candy yang merupakan perempuan kelahiran Betafo, 5 Mei 1998 ini berasal dari Madagaskar, Afrika. Ia kuliah di UIN Jakarta lewat jalur seleksi Ujian Mandiri. Perkuliahan Candy tersebut dibiayai Program Darmasiswa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Diketahui, Darmasiswa adalah program beasiswa bagi siswa asing asal negara-negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia untuk belajar bahasa Indonesia, seni dan budaya di 54 universitas di Indonesia. Program tersebut didirikan pada 1974 yang merupakan bagian dari inisiatif ASEAN atau Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara.

Cerita Candy Jadi Wisudawan Terbaik Pemeluk Kristen di UIN Jakarta

Candy tidak merasa terasing walau mayoritas mahasiswa di kampusnya merupakan muslim. Sebagai mahasiswa asing, Candy belajar bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar perkuliahan dari kursus Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) UIN Jakarta. Dari kursus dan latihan bersama teman, Candy pun terbiasa berbahasa Indonesia hingga fasih.

“Ya soal bahasa Indonesia saya peroleh dari kursus di Pusat Pengembangan Bahasa. Sekarang saya sudah bisa berbahasa Indonesia,” kata Candy.

Tantangan Candy Belajar Bahasa Arab dan Islam

Diketahui Candy menempuh studi di prodi Hubungan Internasional FISIP UIN Jakarta. Dalam perkuliahannya, Candy belajar bahasa Arab dan Islam. Candy mengatakan bahasa Arab masih asing baginya karena di negara asalnya di Madagaskar, penduduknya menggunakan bahasa Perancis sebagai bahasa nasional. Meski begitu, Candy tetap berusaha belajar bahasa Arab seperti mahasiswa lainnya.

“Saya menganggap ini sebuah challenge (tantangan), di mana saya harus banyak belajar tentang Islam dan bahasa Arab,” kata Candy dikutip dari laman uin.jkt.ac.id

Sementara itu untuk memperoleh gelar sarjana, Candy menyelesaikan skripsi dengan bahasa Inggris yang berjudul Indonesia Soft Power Diplomacy Toward Madagascar via Education and Cultural Exchange: Darmasiswa Scholarship Period 2016-2019.

“Ya, doa saya semoga UIN Jakarta terus maju dan berkembang agar menjadi perguruan tinggi terkenal,” ujar Candy.

Itulah fakta Rahasimamonjy Lovanavalona Allison Candy yang jadi wisudawati Kristen terbaik FISIP UIN Jakarta. ***

Sumber: suara.com

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Profil dan Biodata Evie Effendi, Ustaz Gaul dari Bandung

26 September 2022 - 09:02 WIB

Sosok Jenderal Li Qiaoming, Diduga Dalang Kudeta Xi Jinping

26 September 2022 - 06:29 WIB

Li Qiaoming

Sosok Tajudin Tabri, Pimpinan DPRD yang Viral Gegara Injak Sopir Truk

25 September 2022 - 16:25 WIB

Sosok Yosep Parera, Pengacara dan Youtuber yang Jadi Tersangka KPK

25 September 2022 - 11:35 WIB

Profil Dimas Drajad, Bomber Timnas Berpangkat Serda

24 September 2022 - 22:30 WIB

Profil Sudrajad Dimyati, Hakim Agung MA yang Jadi Tersangka KPK

23 September 2022 - 12:01 WIB

Trending di Tokoh