Friday, 3 May 2024
HomeNasionalBantu Anak Berkembang, Yayasan Minderoo bersama Universitas Sidney Hadirkan Aplikasi Thrive by...

Bantu Anak Berkembang, Yayasan Minderoo bersama Universitas Sidney Hadirkan Aplikasi Thrive by Five atau Cilukbalita

Bogordaily.net – Yayasan Minderoo bersama Universitas Sidney mempersembahkan Thrive by Five atau Cilukbalita di Indonesia, sebuah bagi orangtua dan pengasuh lainnya untuk membantu anak-anak berkembang pada masa kini dan menuju masa depan.

Bagi orangtua, memantau perkembangan dan tumbuh kembang anak balita sangat penting untuk mengetahui sampai mana pertumbuhan si kecil. Dengan begitu, ketika ada kemampuan yang umumnya sudah dilakukan anak seusianya, tetapi belum dilakukan oleh anak Anda.

Thrive by Five atau Cilukbalita di Indonesia, sebuah bagi orangtua dan pengasuh lainnya untuk membantu anak-anak berkembang pada masa kini dan menuju masa depan.

“Kami menghadirkan ini untuk membantu anak-anak berkembang langsung melalui dukungan jutaan orang tua dan pengasuh,” ucap Co-Founder dan Co-Chair Minderoo Foundation Nicola Forrest dalam keterangannya.

yang dikhususkan bagi orangtua dan pengasuh anak-anak berusia 0-5 tahun dan dikemas dalam bahasa lokal dan dengan konten yang disesuaikan ini
dapat diakses gratis secara daring dan luring untuk pembelajaran visual dan auditori.

“Anak-anak membutuhkan pengasuhan yang menyenangkan sejak awal usia mereka untuk mendukung perkembangan otak dan potensi masa depan mereka,” jelasnya.

Thrive by Five ‘Cilukbalita ‘ dibuat sederhana meskipun mengkombinasikan ilmu pengetahuan terkini dengan praktik-ptaktik pengasuhan lokal. Dengan sentuhan personal dan konten dibuat khusus untuk anda dan anak anda.

“Program ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada orang tua dan pengasuh tentang hal yang mereka butuhkan selama lima tahun pertama anak, untuk membantu anak-anak mencapai potensi masa depan mereka sepenuhnya,” tuturnya.

Dengan ini, kata Forrest, orangtua dan pengasuh bersama anak dapat membuat rencana kegiatan berdasarkan topik-topik lokal yang menarik seperti mengelola emosi, menjaga keamanan, dan membangun rutinitas dan lainnya.

Thrive by Five atau Cilukbalita lanjut Forrest, dapat membangun kebiasaan untuk sebuah rumah yang sehat dan memperkuat ikatan dengan komunitas mereka.

“Merekam kenangan berharga yang Anda bagikan, dan mengikuti perkembangan ketrampilan yang anda bangun bersama anak anda dalam perjalanan perkembangan,” pungkasnya.

Sementara, Menurut salah satu pengguna Cilukbalita yakni Muhammad Ridho Ramadan, 27 Tahun asal Depok, dirinya mengatakan bahwa dengan adanya aplikasi Cilukbalita ini sangat berguna agar dapat menumbuh kembangkan potensi anak. Dan dirinya baru mengatahui adanya aplikasi cilukbalita.

“Berguna banget karena dapat menumbuh kembangkan potensi anak, baru tau aplikasi ini sejak tadi,” ucapnya saat di temui wartawan di Puskesmas Tanah Baru Kota Depok, Selasa 7 Juni 2022.

Lanjut, Ridho mengatakan dalam aplikasi cilukbalita ada salah satu fitur yang sangat membantu yakni fitur agenda dimana dalam fitur ini menurutnya dapat mengetahui rencana kegiatan anak serta mudah dipahami pemakaianya.

“Ada fitur agenda bagus juga ada plan kegiatan anak seperti apa, serta mudah dipahami,” jelasnya.

Sementara, dirinya untuk saat ini akan terus menggunakan aplikasi cilukbalita dan selanjutnya dirinya akan memberikan informasi terkait aplikasi cilukbalita ke rekan yang lainya.

“Untuk saat ini saya pakai aplikasinya, dan nantinya saya akan infokan ke teman-teman yang lain,” pungkasnya

(Albin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here