Sunday, 19 May 2024
HomeKota BogorBogor Jadi Tuan Rumah Bimtek Gugus Depan Ramah Lingkungan Tahun 2022

Bogor Jadi Tuan Rumah Bimtek Gugus Depan Ramah Lingkungan Tahun 2022

Bogordaily.net– menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan Bimtek Gugus Depan (Gudep) Ramah Lingkungan tingkat Nasional tahun 2022. Kegiatan yang akan diikuti tiga  provinsi, yakni Jawa, Nusa Tenggara dan Bali itu akan diselenggarakan di Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balitro), Jalan Tentara Pelajar, Kecamatan Bogor Barat, .

PIC Bimtek Gudep Ramah Lingkungan untuk Aldilah Rahman mengatakan, kegiatan Bimtek Gudep Ramah Lingkungan merupakan program Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka.

“Ya, tahun ini kita menjadi tuan rumah untuk kegiatan tersebut. Tempatnya di Balitro selama 4 hari, yakni mulai 4 Juni hingga 8 Juni 2022,” kata Aldilah Rahman kepada Bogordaily.net, Kamis, 2 Juni 2022.

Aldillah Rahman yang juga sebagai Andalan Cabang Pramuka Urusan Pengabdian Masyarakat Lingkungan Hidup dan Tanggap Bencana di Kwartir Cabang (Kwarcab) ini menjelaskan, di bimtek gudep ramah lingkungan akan diikuti sebanyak 80 peserta di antaranya, 20 peserta dari , dan selebihnya peserta dari kwarcab-kwarcab dan juga Kwarda se-Jawa, Bali dan Nusa Tenggara.

“Jadi selama 4 hari itu, salah satu rangkaiannya ialah para peserta akan melakukan kegiatan visitasi ke lapangan, yaitu mendatangi 3 gudep yang ada di ,” ujarnya.

Setelah visitasi ke gudep-gudep, lanjut Aldi, para peserta ini akan melanjutkan kunjungannya ke kelompok wanita tani (KWT) yang ada di MBR Katulampa.

“Di sana mereka para peserta akan dilatih tentang bagaimana cara pengolahan sampah dan dilanjutkan dengan kegiatan pencanangan penanaman pohon hingga talk show yang rencananya dilakukan di area Bendung Katulampa,” jelasnya.

Di lokasi tersebut, kata Aldi akan dihadiri langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Wali , Ketua Kwarcab dan para pejabat yang ada di lingkungan Pemerintahan .

“Di acara penanaman pohon ini akan dihadiri dan dilakukan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Ibu Siti Nurbaya beserta rombongan dari Kwarnas,' ucap pria yang saat ini menjadi Kepala Sekolah di SMP Taruna Andigha Kota Bogor.

Masih kata Aldi, kegiatan bimtek ini juga sudah dipersiapkan jauh-jauh hari oleh Kwarcab dan juga Kwarnas, bahkan persiapannya sudah dilaksanakan sejak April 2022 lalu, dengan terus melakukan koordinasi bersama pengurus Kwarnas.

Berbagai persiapan jelas Aldi telah dilakukan di antaranya koordinasi dengan unsur instansi terkait. Sebab menurutnya ini terkait dengan bagaimana memobilisasi para peserta untuk mengunjungi satu titik ke titik yang lainnya.

“Makanya kita komunikasi dan koordinasi dengan Satpol PP, Dinas Perhubungan, TNI, Polri, dinas-dinas terkait, agar kegiatan selama 4 hari ke depan bisa lancar, terutama di tanggal 8 ada kunjungan kehadiran tamu VIP yaitu Menteri Lingkungan Hidup,” tutupnya.(Heri Supriatna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here