Friday, 26 April 2024
HomeNasionalDaftar Kampus di Indonesia dengan Biaya Kuliah Paling Murah

Daftar Kampus di Indonesia dengan Biaya Kuliah Paling Murah

Bogordaily.net – Kampus atau jelas membutuhkan biaya yang tinggi. Jumlahnya pasti berbeda dengan biaya SMA. Tapi, di Indonesia ada kampus yang dikenal dengan kampus yang biaya kuliah paling murah.

Biaya kuliah paling murah tentu yang paling dicarai khususnya oleh para orang tua. Selain kualitas kampus, biaya menjadi salah satu pertimbangan.

Namun demikian, kebijakan pembayaran uang kuliah tunggal (UKT) juga menjadi pertimbangan. Kebijakan UKT ini membuat biaya kuliah masing-masing mahasiswa berbeda. Pasalnya kampus-kampus negeri saat ini memberlakukan UKT berjenjang sesuai dengan penghasilan orang tua.

Secara umum, negeri mematok UKT mulai Rp500.000 untuk golongan terendah untuk masing-masing program studi. UKT termahal biasanya mencapai Rp7 juta bahkan untuk jurusan berbiaya tinggi seperti Fakultas Kedokteran, UKT tertingginya bisa mencapai Rp25 juta per semester.

Berikut ini adalah lima yang mematok UKT terjangkau sekaligus terletak di kota dengan biaya hidup cukup murah.

1. Negeri Yoyakarta

Negeri Yogyakarta (UNY) menempati urutan teratas sebagai kampus murah di Indonesia. Perhitungan UKT untuk jenjang S-1 didasarkan atas kemampuan sosial-ekonomi orang tua atau wali. Kemudian bagi mahasiswa S-1 maupun sarjana terapan yang masuk melalui seleksi mandiri wajib membayar UKT ditambah uang pangkal pengembangan akademik (UPPA). UKT di UNY dimulai dari Rp500.000 untuk tingkat terendah. Kemudian UKT tertinggi ada di angka Rp4,9 juta. Jurusan yang ditawarkan di UNY berkaitan dengan ilmu-ilmu pendidikan.

2. Sebelas Maret

Sebelas Maret (UNS) Solo menjadi kampus berbiaya murah selanjutnya. Di samping itu, Kota Solo juga terkenal dengan biaya hidupnya yang murah. Jika kamu berminat berkuliah di kampus ini UKT yang ditawarkan untuk kelas terendah adalah Rp500.000. Sementara untuk UKT tertinggi tergantung pada tiap-tiap jurusan. Rata-rata UKT tertinggi adalah Rp5 juta untuk jurusan pendidikan dan Rp7 juta untuk non-pendidikan seperti Hukum, Hubungan Internasional, dan Teknologi Pangan.

3. Indonesia

Di Indonesia (UI) istilah UKT diganti dengan Biaya Operasional Pendidikan (BOP). Sistemnya mirip dengan UKT di kampus lain, pengajuan BOP harus menyertakan slip gaji orang tua. BOP terendah di UI bisa menyentuh Rp0.

4. Diponegoro

Kampus negeri di Semarang ini juga menawarkan UKT mulai Rp500.000. Setelah itu besaran UKT yang lebih tinggi ditentukan tiap-tiap jurusan mulai dari kisaran Rp4 juta hingga Rp7 juta.

5. Universitas Terbuka

Berkuliah di Universitas Terbuka juga bisa menjadi pilihan. Terlebih buat kamu yang ingin melanjutkan pendidikan namun terkendala batasan usia di kampus-kampus negeri lain. Di UT sistem UKT juga diterapkan berjenjang sesuai kemampuan ekonomi.

sumber: suara.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here