Disorot Gegara PHK Massal, Apa Itu Arti Startup?

Menu

Mode Gelap
Tim Pancasila Tangguh Kibarkan Sang Merah Putih di Istana Merdeka Rayakan HUT RI, Pemkot Bogor Upacara Bendera di Lapangan Sempur Mulai Hari Ini, Biaya Transfer Beda Bank Cuma Rp 77 Pakai Mobil Mercy, Perempuan Ini Maling Cokelat di Minimarket Gereja di Mesir Kebakaran, 41 Tewas Termasuk 18 Anak-anak

Ekonomi · 3 Jun 2022 09:06 WIB

Disorot Gegara PHK Massal, Apa Itu Arti Startup?


 Ilustrasi startup. (Shutterstock/Suara.com/Bogordaily.net) Perbesar

Ilustrasi startup. (Shutterstock/Suara.com/Bogordaily.net)

Bogordaily.net– Startup sedang menjadi perbincangan menyusul adanya PHK massal terhadap para pekerja mereka. Maraknya fenomena PHK di sejumlah startup ini pun menyedot perhatian. Lalu apa arti startup dan seperti cara kerjanya?

Pengertian startup tak jauh-jauh dari kerja fleksibel, kreativitas anak muda, dan pemanfaatan teknologi. Meski terdengar menyenangkan, sebagai sebuah perusahaan startup tak bisa dilepaskan dari valuasi perusahaan.

Melansir Suara.com dari Investopedia, startup adalah perusahaan rintisan yang baru memulai langkah pertama dalam sebuah pengembangan bisnis. Pada umumnya startup masih berada dalam fase pengembangan produk dan mencari kesesuaian atara produk dan pasar. Meski dalam bentuk rintisan, ciri khas dari startup adalah pemanfaatan teknologi digital.

Startup di Indonesia dan seluruh dunia tergolong sebagai perusahaan berisiko tinggi lantaran berfokus mengembangkan produk atau layanan yang dipercaya akan mendatangkan keuntungan.

Dengan demikian, mendirikan startup perlu modal besar tetapi pendapatan terbatas. Ciri lainnya adalah sangat jarang startup yang sudah menemukan pola bisnis yang tepat.

Berbicara soal modal startup di Indonesia setiap perusahaan memiliki perhitungan masing-masing. Besaran modal ini tergantung beragam faktor seperti bidang bisnis yang akan dijalankan, lokasi kantor, hingga jumlah karyawan, dan besaran gaji. Sebuah startup biasanya dimulai dengan modal ratusan juta rupiah atau puluhan atau setara puluhan ribu dolar.

Namun demikian modal usaha tidak sebatas pada uang. Lebih dari itu, modal penting yang diperlukan adalah gagasan, sumber daya yang kompeten di bidangnya, serta lingkungan kerja yang mendukung untuk berkembang.

Keseluruhan modal ini akan menentukan seberapa sukses startup mengingat bisnis ini termasuk dalam kategori rentan. Modal yang dimiliki startup ini akan menentukan valuasi atau nilai ekonomi dari sebuah start up.

Meski demikian, valuasi masing-masing startup berbeda-beda. Startup-startup besar seperti Gojek, Traveloka, Tokopedia, dan Bukalapak yang berstatus unicorn memiliki nilai valuasi lebih dari satu miliar dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp14,1 triliun. Namun, tidak semua perusahaan startup memiliki valuasi yang besar.

Berbicara soal nilai valuasi ini, kalangan startup memiliki istilah untuk tingkatan valuasi tertentu. Bagi perusahaan yang baru berdiri dan valuasi masih rendah, kalangan startup biasa menyebutnya cockroach atau kecoa.

Kecoa adalah hewan yang diibaratkan memiliki daya hidup tinggi dan pantang menyerah. Karakter ini harus dimiliki start up yang baru saja berdiri.

Kemudian ada pula ponies dengan valuasi sekitar Rp140 miliar, centaurs dengan valuasi sekitar Rp1,4 triliun sebelum menjadi unicorn dan meningkat menjadi unicorn, decacorn, dan hectocorn yang memiliki valuasi sekitar 100 miliar dolar Amerika Serikat seperti Facebook dan Google.***

Artikel ini telah dibaca 3.800 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Tenang! Ada Uang Baru, Uang Lama Tetap Berlaku

18 Agustus 2022 - 17:23 WIB

Kinerja Agen BRILink Makin Moncer, Raup Fee Based Income Rp702,7 Miliar

18 Agustus 2022 - 17:05 WIB

Ini Tampilan Baru Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022

18 Agustus 2022 - 11:58 WIB

Rupiah Kertas Emisi 2022

Pimpin Pasar Keuangan Syariah, BSI Raih Penghargaan Bisnis Indonesia Award 2022

18 Agustus 2022 - 10:56 WIB

Bisnis Indonesia Award 2022

Tidak Berubah! Ini rincian Harga Emas Antam, 18 Agustus 2022

18 Agustus 2022 - 09:37 WIB

Hari Ini, Bank Indonesia meluncurkan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022

18 Agustus 2022 - 09:28 WIB

Trending di Ekonomi