Wednesday, 15 May 2024
HomeNasionalFakta-Fakta Seputar Pemakaman Eril, dari Jadwal hingga Warga Boleh Berziarah

Fakta-Fakta Seputar Pemakaman Eril, dari Jadwal hingga Warga Boleh Berziarah

Bogordaily.net– Putra Gubernur Jawa Barat , Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril sudah ditemukan setelah menghilang selama lebih dari 14 hari di Sungai Aare, Bern, Swiss. Keluarga pun membawa jasad Erul pulang ke Tanah Air dan prosesi pemakaman juga akan segera dilakukan. Dirangkum Suara.com berikut fakta-fakta seputar pemakaman Eril.

Dimakamkan di Samping Masjid

Makam Eril diketahui berada di sebelah masjid yang akan dibangun sekaligus didesain oleh sang ayah, . Desain pemakaman Eril dibagikan di media sosialnya. Masjid yang indah itu kemudian diberi nama bagian dari nama Eril, yakni Al Mumtadz.

memanggil Eril dengan sebutan sayang. Gubernur Jawa Barat itu memastikan lokasi makam sang anak sangat istimewa.

“Dear Eril, sudah aku siapkan sebuah tempat yang istimewa. Sudah aku desainkan sebuah rumah akhirmu yang indah,” tulis lewat akun Instagram @ridwankamil

Lokasi Makam di Kampung Halaman Ibu

Istimewanya lagi, makam dari Eril ini berada di kampung ibunda Atalia Praratya, di daerah Cimaung, Kabupaten Bandung. Ini juga berlokasi di dekat sungai dengan indahnya pemandangan pergunungan. Hal ini juga dibagikan di media sosialnya. Selain mengunggah desain kawasan pemakaman, Kang Emil memastikan jika kawasan itu sangat istimewa bagi Eril.

“Dear Eril, rumah akhirmu berada di sebelah masjid. Masjid yang bertempat di kampung ibumu. Masjid yang didesain dan sedang dibangun ayahmu. Dan yang terpenting, masjid ini dinamai seperti namamu. Masjid Al Mumtadz,” lanjut .

Tanah Makam Milik Mertua

Atalia meninjau lokasi makam Eril dengan beberapa stafnya. Area seluas lima hektar ini kabarnya milik mertua . Hal tersebut dikonfirmasi mantan Kepala Desa Pasirhuni, Dadang Setia Permana.

Jadwal Pemakaman Eril

Jenazah Eril rencananya tiba di Gedung Pakuan, Kota Bandung pada Minggu, 12 Juni 2022 sekitar pukul 22.00 WIB. Sementara pemakamannya akan dilakukan pada Senin, 13 Juni 2022 di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung.

Keluarga mempersilahkan warga datang ke Gedung Pakuan untuk berdoa dan salat jenazah mulai Minggu malam pukul 23.00 WIB hingga Senin, 13 Juni 2022 pagi pukul 08.00 WIB.

“Kalau misal ada masyarakat berkenan menshalatkan dibuka pukul 23.00-08.00 pagi hari,” kata Kepala Biro Administrasi Pimpinan Provinsi Jawa Barat Wahyu Mijaya.

Rute Perjalanan ke Makam Eril

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Provinsi Jawa Barat Wahyu Mijaya mengatakan jika pihaknya sudah menyiapkan rute perjalanan ke pemakanan putra sulung Gubernur Ridwan Kamil itu di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung.

“Rangkaian enggak panjang. Rutenya dari Gedung Pakuan, ke Jalan Wastukencana, masuk Tol Pasteur keluar Tol Soroja kemudian menuju Cimaung. Itu dapat mengantisipasi atau jalur alternatif jika terjadi kemacetan,” katanya.

Ia berharap dengan penetapan waktu dan rute itu, siswa dan pekerja tidak terganggu karena perjalanan menuju pemakaman baru jam 9 pagi.

Pihaknya juga mengimbau kepada keluarga agar tidak berangkat dari Gedung Negara Pakuan jika ingin ikut serta dalam proses pemakaman Eril.

Warga Diperbolehkan Ziarah

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Provinsi Jawa Barat Wahyu Mijaya juga mengatakan warga diperbolehkan mendoakan atau ziarah kubur secara langsung di pemakaman Eril, seusai prosesi atau acara pemakaman selesai dilakukan.

“Lokasi pemakaman masih dibuka, bapak/ibu masyarakat yang berkenan ziarah kubur dibuka sampai sebelum Maghrib, jam 17.45 WIB,” jelas Wahyu.

“Kemudian, untuk selanjutnya masyarakat ingin ziarah kubur pada Selasa-Minggu pukul 08.00 sampai 17.00 WIB yang melakukan ziarah kubur dipersilakan,” imbuhnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here