Friday, 10 May 2024
HomeBeritaFerdinand Marcos Jr Dilantik Jadi Presiden Filipina

Ferdinand Marcos Jr Dilantik Jadi Presiden Filipina

Bogordaily.net– memiliki presiden baru. Dia adalah alias Bongbong yang dilantik menjadi presiden hari ini, Kamis, 30 Juni 2022. Dalam pelantikan itu, Bongbong mengucap sumpah di hadapan ratusan perwakilan pemerintahan lokal dan asing di Museum Nasional Manila. Setelah pelantikan, Bongbong membacakan pidato penuh puja-puji terhadap ayahnya yang dikenal luas sebagai diktator di masanya.

Menurut Bongbong, ayahnya yang tak lain mantan diktator , Ferdinand Marcos, bekerja lebih keras ketimbang pendahulu-pendahulunya yang menjadi pemimpin sejak merdeka. “Saya pernah kenal seorang pria yang melihat betapa negara ini hanya maju sedikit sejak kemerdekaan, tapi dia mengubah segalanya,” kata Bongbong, seperti dilansir CNN Indonesia dari AFP. “Begitu pula dengan anaknya. Kalian tak akan mendengar alasan-alasan tak penting dari saya,” sambungnya.

Sementara itu selama kampanye, Bongbong terus meminta publik untuk tak menyandingkan dia dengan ayahnya yang punya rekam jejak keji. Ia juga menyerukan persatuan dan menekankan bahwa ia akan menjadi presiden untuk seluruh rakyat jika terpilih kelak. Namun, analis politik menganggap Bongbong bakal sangat sulit mewujudkan janji itu karena banyak warga masih trauma dengan kepemimpinan ayahnya.

Saat berkuasa, ayah Bongbong, Ferdinand Marcos memimpin dengan tangan besi. Ia juga menggerogoti duit negara dengan korupsi besar-besaran. Kemudian Marcos lengser setelah demonstrasi besar-besaran di pada 1986 silam, mengakhiri dinastinya yang sudah bertahan selama dua dekade. Ia dan keluarganya lantas tinggal di pengasingan di Hawaii. Setelah kembali ke pada 1991, Bongbong terjun ke dunia politik dengan menjadi anggota kongres dan senat.

Hingga akhirnya, Marcos Jr mengikuti pilpres 2022 dan menggandeng putri Presiden Rodrigo Duterte, Sara Duterte, sebagai wakilnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here