Friday, 29 March 2024
HomeBeritaGanja di Thailand Dipakai Peternak Jadi Pakan Ayam

Ganja di Thailand Dipakai Peternak Jadi Pakan Ayam

Bogordaily.net–  Pemerintah sudah melegalkan . Setelah pemberlakuan aturan tersebut, komunitas peternak di Lampang, , menggunakan sebagai makanan untuk ayam guna meningkatkan kualitas telur dan daging ternak tersebut.

Presiden dari komunitas ternak Peth Lanna, Sirin Chaemthet, mengatakan banyak peternak di memilih menggunakan atau mariyuana setelah induk ayam mereka diketahui terkena bronkitis burung, meski telah diberikan antibiotik.

Sebagaimana dikutip CNN Indonesia, Chaemthet mengatakan para ayam lalu diberikan untuk mengatasi penyakit tersebut. Hasilnya ayam ternak memiliki kekebalan tubuh yang lebih tinggi dalam menangkal penyakit itu, dapat bertahan dari cuaca buruk.

Setelah itu komunitas ternak di sana kemudian memutuskan tidak lagi menggunakan antibiotik dan hanya memberikan pada ternak mereka.

Diberitakan The Straits Times, pemberian makan ke ayam ini dilakukan dalam eksperimen bersama Fakultas Agrikultur Universitas Chiang Mai.

Chaemthet juga mengungkapkan perusahaannya saat ini menjual daging ayam dan telur dengan harga 100 baht atau sekitar Rp42 ribu per kilo dan 6 baht atau Rp2.500 secara satuan.

Selain itu, Chaemthet menuturkan nasi ayam yang dibuat dari ayam pemakan ganja mendapatkan respons baik. Perusahaannya juga berencana menjual ayam bakar di masa depan.

Menurut Chaemthet produk ayam tersebut memenuhi keinginan konsumen akan makanan sehat dan organik.

Tak hanya itu, presiden Dewan Peternakan Nasional Prapat Panyachatrak menilai menjadikan ganja sebagai pakan ayam lebih mampu menjaga keamanan pangan konsumen.

Penilaian ini muncul mengingat antibiotik pada daging dan telur ayam dapat berdampak buruk pada kesehatan manusia, seperti kemunculan alergi dan berkurangnya kekebalan tubuh.

Alternatif ini juga dinilai mampu meningkatkan nilai komersial dari produk lain.

Sebelumnya diberitakan disebut menjadi negara pertama di Asia yang mengizinkan budidaya tanaman ganja di rumah. Meski demikian terdapat sejumlah batasan dan larangan yang masih harus diperhatikan setiap warga dan pihak yang membudidayakan tanaman memabukan ini.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here