HUT DKI Jakarta, Naik TransJakarta, MRT dan LRT Gratis

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Polandia vs Argentina Piala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor

Nasional · 22 Jun 2022 09:06 WIB

HUT DKI Jakarta, Naik TransJakarta, MRT dan LRT Gratis


 HUT DKI Jakarta, Naik MRT Hingga TransJakarta Gratis. (bicaraberita/Bogordaily.net) Perbesar

HUT DKI Jakarta, Naik MRT Hingga TransJakarta Gratis. (bicaraberita/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Rayakan Hari Ulang Tahun (HUT) DKI Jakarta ke-495, menggratiskan layanan Transjakarta, MRT dan LRT secara gratis pada 22 Juni 2022. Kebijakan ini berlaku mulai pukul 00.00 – 23.59 WIB.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menerbitkan ketentuan soal tarif nol rupiah itu melalui Surat Keputusan Nomor e-0076 tahun 2022.

“Transjakarta BRT dan non BRT atau feeder MRT Jakarta dan LRT Jakarta sebesar Rp0,” demikian bunyi diktum kesatu dalam SK yang diterbitkan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syarif Liputo, pada Selasa 21 Juni 2022.

Kendati mengalami perubahan tarif, pelanggan tetap diwajibkan melakukan tap ini dan tap out baik pada mesin gate maupun alat tap on bus(TOB) yang tersedia di dalam armada.

Sementara itu, untuk merayakan HUT DKI Jakarta, dalam keputusan SK Kepala Dinas Perhubungan diktum kesatu berbunyi;

“Menugaskan kepada perseroan terbatas Transportasi Jakarta, perseroan terbatas MRT Jakarta, dan perseroan terbatas LRT Jakarta (Jakpro) untuk menyelenggarakan layanan transportasi umum massal pada tanggal 22 Juni dari pukul 00.00-23.59 WIB,” demikian bunyi diktum tersebut.

Selain itu, layanan Mikrotrans, layanan Rusun, bus wisata Transjakarta Cares, dan penugasan transportasi Jakarta lainnya sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta dalam rangka penugasan sebesar Rp0.

Syafrin menuturkan, layanan gratis bagi masyarakat tertentu sesuai Peraturan Gubernur Jakarta nomor 160 tahun 2016 tentang pelayanan Transjakarta gratis dan bus gratis bagi masyarakat sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan peraturan Gubernur nomor 133 tahun 2018 tetap berlaku.

Kendati demikian, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) memberikan tarif khusus layanan Transjakarta pada Rabu 22 Juni 2022 sebesar Rp1.

“PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menerapkan tarif Rp1 yang bisa dinikmati mulai pukul 00.00 -23.59 WIB,” ucap Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta, Anang Rizkani Noor.

Kebijakan tarif Rp1 berlaku pada seluruh layanan Transjakarta, kecuali Royaltrans dan Mikrotrans.

Kedua layanan tersebut beroperasi dengan tarif normal yakni Royaltrans Rp20.000 dan Mikrotrans Rp0.

“Tarif spesial ini merupakan bentuk cinta kami kepada pelanggan dan juga Ibukota DKI Jakarta, di mana tempat Transjakarta mengaspal setiap hari,” katanya.

Layanan gratis juga diberikan bagi masyarakat tertentu sesuai Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 133 tahun 2018 tentang pelayanan TransJakarta gratis dan bus gratis bagi masyarakat, tetap berlaku.

Ada masyarakat tertentu yakni 15 golongan di antaranya PNS dan pensiunan PNS daerah, tenaga kontrak pemda, peserta didik penerima Kartu Jakarta Pintar, karyawan swasta tertentu.

Kemudian, penghuni rumah susun sederhana sewa, penyandang disabilitas, veteran, warga lanjut usia, anggota TNI/Polri, tim juru pemantau jentik, pengurus masjid (marbot) hingga tim PKK.

Syafrin menambahkan segala biaya terkait program gratis itu akan ditanggung Pemprov DKI melalui Dinas Perhubungan DKI dengan skema subsidi.***

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Benefit Sharing Google dan Facebook dengan Media Harus Ditingkatkan

3 Desember 2022 - 16:03 WIB

BMKG Sebut Ada Dua Zona Berbahaya di Cianjur yang Tak Layak Dihuni

3 Desember 2022 - 10:30 WIB

BMKG Cianjur

Tok! Komisi I DPR Setujui Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI  

2 Desember 2022 - 22:42 WIB

Komisi I DPR Menyetujui Pemberhentian dengan Hormat Jenderal Andika Perkasa

2 Desember 2022 - 19:08 WIB

Jenderal Andika Perkasa

Pengendara Nakal, Tilang Manual Kembali Dilakukan Polisi

2 Desember 2022 - 18:38 WIB

tilang manual kembali

Resmikan PLUT KUMKM Biak Numfor, KemenKopUKM Ciptakan Wirausaha Unggul di Papua

2 Desember 2022 - 16:23 WIB

Biak Numfor
Trending di Nasional