Friday, 29 March 2024
HomeNasionalHUT DKI Jakarta, Naik TransJakarta, MRT dan LRT Gratis

HUT DKI Jakarta, Naik TransJakarta, MRT dan LRT Gratis

Bogordaily.net – Rayakan Hari Ulang Tahun () DKI ke-495, menggratiskan layanan Transjakarta, dan LRT secara gratis pada 22 Juni 2022. Kebijakan ini berlaku mulai pukul 00.00 – 23.59 WIB.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo menerbitkan ketentuan soal tarif nol rupiah itu melalui Surat Keputusan Nomor e-0076 tahun 2022.

“Transjakarta BRT dan non BRT atau feeder dan LRT sebesar Rp0,” demikian bunyi diktum kesatu dalam SK yang diterbitkan Kepala Dinas Perhubungan DKI , Syarif Liputo, pada Selasa 21 Juni 2022.

Kendati mengalami perubahan tarif, pelanggan tetap diwajibkan melakukan tap ini dan tap out baik pada mesin gate maupun alat tap on bus(TOB) yang tersedia di dalam armada.

Sementara itu, untuk merayakan DKI Jakarta, dalam keputusan SK Kepala Dinas Perhubungan diktum kesatu berbunyi;

“Menugaskan kepada perseroan terbatas Transportasi Jakarta, perseroan terbatas Jakarta, dan perseroan terbatas LRT Jakarta (Jakpro) untuk menyelenggarakan layanan transportasi umum massal pada tanggal 22 Juni dari pukul 00.00-23.59 WIB,” demikian bunyi diktum tersebut.

Selain itu, layanan Mikrotrans, layanan Rusun, bus wisata Transjakarta Cares, dan penugasan transportasi Jakarta lainnya sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta dalam rangka penugasan sebesar Rp0.

Syafrin menuturkan, layanan gratis bagi masyarakat tertentu sesuai Peraturan Gubernur Jakarta nomor 160 tahun 2016 tentang pelayanan Transjakarta gratis dan bus gratis bagi masyarakat sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan peraturan Gubernur nomor 133 tahun 2018 tetap berlaku.

Kendati demikian, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) memberikan tarif khusus layanan Transjakarta pada Rabu 22 Juni 2022 sebesar Rp1.

“PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menerapkan tarif Rp1 yang bisa dinikmati mulai pukul 00.00 -23.59 WIB,” ucap Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta, Anang Rizkani Noor.

Kebijakan tarif Rp1 berlaku pada seluruh layanan Transjakarta, kecuali Royaltrans dan Mikrotrans.

Kedua layanan tersebut beroperasi dengan tarif normal yakni Royaltrans Rp20.000 dan Mikrotrans Rp0.

“Tarif spesial ini merupakan bentuk cinta kami kepada pelanggan dan juga Ibukota DKI Jakarta, di mana tempat Transjakarta mengaspal setiap hari,” katanya.

Layanan gratis juga diberikan bagi masyarakat tertentu sesuai Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 133 tahun 2018 tentang pelayanan TransJakarta gratis dan bus gratis bagi masyarakat, tetap berlaku.

Ada masyarakat tertentu yakni 15 golongan di antaranya PNS dan pensiunan PNS daerah, tenaga kontrak pemda, peserta didik penerima Kartu Jakarta Pintar, karyawan swasta tertentu.

Kemudian, penghuni rumah susun sederhana sewa, penyandang disabilitas, veteran, warga lanjut usia, anggota TNI/Polri, tim juru pemantau jentik, pengurus masjid (marbot) hingga tim PKK.

Syafrin menambahkan segala biaya terkait program gratis itu akan ditanggung Pemprov DKI melalui Dinas Perhubungan DKI dengan skema subsidi.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here