Wednesday, 24 April 2024
HomeTravellingIngin Berlibur? Ini Beberapa Cara Dapatkan Tiket Pesawat Murah

Ingin Berlibur? Ini Beberapa Cara Dapatkan Tiket Pesawat Murah

Bogordaily.net yang mahal terkadang menjadi deal breaker untuk orang-orang tertentu yang memiliki anggaran terbatas. Oleh karena itu, harga kerap jadi bahan pertimbangan sebelum berlibur seorang diri atau bersama keluarga dan teman. Berikut cara dapatkan yanng murah.

Karena alasan itulah, kecermatan membeli agar harganya murah diperlukan supaya biaya yang dikeluarkan worth it. Meski saat ini harga masih melambung, kita masih berpeluang mendapatkan yang murah dengan cara-cara berikut ini.

1. Pesan jauh-jauh hari

Liburan akan bebas worry jika kita merencanakannya jauh-jauh hari. Hal yang sama juga berlaku saat membeli . Alasannya adalah harga kemungkinan lebih mahal jika kita memesan tiket mepet dengan tanggal keberangkatan.

“Merencanakan sekitar 3-6 bulan sebelumnya merupakan pilihan yang aman. Itu akan memungkinkan wisatawan untuk mendapatkan penawaran terbaik dan merencanakan ke depan,” kata General Manager situs pemesanan tiket online Klook, Sarah Wan.

2. Hindari musim liburan

Bukan rahasia umum jika harga komoditas apa pun akan melonjak jelang musim liburan, seperti Lebaran, libur sekolah, Natal, Tahun Baru, termasuk hari kejepit. Jadi, hindari momen tersebut ketika membeli karena hampir bisa dipastikan harganya akan tinggi.

Kita disarankan untuk membeli di luar musim liburan alias off season jika mengincar harga yang murah. Bahkan, ada juga anggapan yang meyakini terbang di weekdays lebih murah ketimbang akhir pekan.

Menurut laporan Channel News Asia, memesan pada momen yang tepat dapat menghemat hampir 25 persen. Terbang pada hari Selasa dan Kamis adalah pilihan yang murah, sedangkan akhir pekan antara Jumat dan Sabtu bisa sangat mahal.

3. Pilih penerbangan tidak langsung

Rute transit biasanya akan lebih murah ketimbang membeli tiket penerbangan langsung. Cara tersebut dapat dilakukan jika kita punya banyak waktu luang.

Biasanya maskapai menetapkan kota-kota besar di dunia sebagai lokasi transit untuk rute internasional.

4. Bandingkan harga

Jangan terburu-buru mengeklik tombol “pesan” sebelum membandingkan harga tiket setiap maskapai untuk tanggal keberangkatan dan rute yang sama.

Sebab, setiap maskapai mematok harga yang bersaing bahkan promo yang bisa kita manfaatkan.

Cara termudah membandingkan harga adalah menggunakan Google. Kita cukup mengetik lokasi tujuan dan tanggal berangkat, kemudian klik “penerbangan” di bawah kolom pencarian, Google akan membantu mencarikan harga tiket yang sesuai keinginan.

5. Memanfaatkan diskon dan promosi

Pemesanan tiket pesawat secara online memudahkan kita mendapat promo atau diskon. Bisa saja maskapai menawarkan tanggal keberangkatan yang sesuai keinginan atau paket penerbangan lain yang dapat memangkas harga tiket. Di sisi lain, beberapa situs pemesanan tiket menyediakan fasilitas berlangganan yang memberikan banyak keuntungan bagi member-nya.

6. Promo tiket khusus pelajar dan usia

Maskapai pelat merah maupun swasta nasional ada yang menawarkan promo bagi pelajar, anak-anak berusia di bawah 12 tahun ataupun lansia di atas 65 tahun untuk mendapatkan potongan harga tiket pesawat. Promo tersebut tentunya perlu dimanfaatkan apabila hendak bepergian ke destinasi lokal maupun luar negeri dengan harga murah.

8. Pakai kartu kredit

Kartu kredit adalah alternatif lain untuk mendapatkan tiket pesawat yang murah. Jika bank berafiliasi dengan maskapai, kita dapat mengumpulkan poin saat bepergian. Setelah terkumpul banyak, poin dapat memberikan potongan bagi harga tiket pesawat atau promo lainnya. Selain itu, situs pemesanan tiket ada yang menyediakan beberapa pilihan kredit dan sistem pembayaran yang membantu memesan tiket murah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here