Jadi Ikon Kota Jakarta, Ini Deretan Fakta Ondel-Ondel

Menu

Mode Gelap
Sekolah SMPN 16 Kota Bogor Digondol Maling, Kerugian Capai Rp 15 juta Siap-siap, Uji Coba Kelas BPJS Kesehatan Dihapus Besok Diisukan Hamil Anak Jay Park, Ini Tanggapan Jessi SuaraPemerintah.ID dan TRAS N CO Indonesia Berikan Penghargaan Istimewa untuk BPR Korea Utara Beberkan AS-Korsel-Jepang Mulai Membentuk “NATO Versi Asia”

Wisata · 22 Jun 2022 18:36 WIB

Jadi Ikon Kota Jakarta, Ini Deretan Fakta Ondel-Ondel


 Deretan ondel-ondel raksasa terpajang di Pelataran Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Rabu 22 Juni 2022. (Alfian Winanto/Suara.com/Bogordaily.net)
Perbesar

Deretan ondel-ondel raksasa terpajang di Pelataran Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Rabu 22 Juni 2022. (Alfian Winanto/Suara.com/Bogordaily.net)

Bogordaily.net– Jakarta merayakan ulang tahunnya yang ke-495 hari ini. Kesenian khas Jakarta salah satunya ondel-ondel sering dijumpai di jalan dengan iringan musik tanjidor maupun gambang kromong. Namun, tahukah jika kesenian yang satu ini memiliki sejarah panjang dan kepercayaan tersendiri.

Melansir Suara.com dari laman Nowjakarta dan Culturetrip, ondel-ondel sendiri sudah ada sejak 1602 dan dipercaya sebagai simbol leluhur untuk menjaga masyarakat saat itu. Berikut fakta-fakta tentang ondel-ondel:

Dipercaya dapat mengusir roh jahat

Pengaruh adat China dan Arab yang masuk ke daerah Jakarta di masa lalu, orang Betawi kuno percaya ondel-ondel dapat menangkal kejahatan. Patung kesenian raksasa berukuran 2,5 meter ini awalnya rupanya difungsikan untuk mengusir setan atau makhluk halus yang mengganggu masyarakat.

Kesenian ondel-ondel yang biasa ditampilkan pada suatu acara hajatan, dimaksudkan untuk melindungi para tamu dari berbagai kekuatan jahat. Ondel-ondel dipercaya mewakili roh baik untuk mengawasi masyarakat kala itu.

Arti warna pada wajah

Warna pada wajah ondel-ondel itu sendiri juga memiliki filosofinya sendiri. Warna merah pada ondel-ondel laki-laki mengartikan simbol dari roh jahat. Biasanya ondel-ondel laki-laki digambarkan berkumis dan memiliki wajah sangar. Sedangkan, untuk wajah ondel-ondel perempuan memiliki warna putih yang menandakan simbol kebaikan untuk melindungi masyarakat.

Di balik pembuatan ondel-ondel

Rupanya, dalam pembuatan kesenian yang satu ini juga tidak boleh sembarangan. Ondel-ondel terbuat dari bambu setinggi 2,5 meter dengan diameter 80 sentimeter. Dan dalam proses pembuatannya, harus ada ritual khusus terlebih dahulu.

Sosok yang membuatnya harus menyiapkan sesajen seperti kemenyan dan kembang tujuh rupa agar tidak dipengaruhi roh jahat. Setelah itu, barulah ondel-ondel dibuat dengan anyaman bambu untuk membuat tubuh dengan cangkak yang berongga.

Untuk bagian wajah biasanya diukir dari kayu. Pakaian yang digunakan sendiri biasanya berwarna cerah seperti layaknya seorang suami istri yang sedang menikah berdasarkan adat Betawi. Untuk bagian rambut, diolah dengan hati-hati dari daun pohon palem yang dikeringkan. Pada bagian kepala juga dihias dengan kembang kelapa, yaitu hiasan runcing yang biasanya terbuat dari kertas dan lidi yang ditusuk ke styrofoam.

Ondel-ondel masa kini

Pada 1977, Gubernur Jakarta Ali Sadikin mengubah fungsi kesenian ondel-ondel. Oleh karena itu, saat ini biasanya ondel-ondel digunakan untuk mengiringi suatu perayaan yang meriah. Ondel-ondel juga digunakan untuk menyambut tamu pada acara hajatan disertai iringan musik. Bahkan, sekarang sering kali terlihat kesenian ondel-ondel di pinggir jalan serta dijadikan banyak orang untuk sumber mata pencaharian.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Lokasi Wisata di Kawasan Sentul yang Paling Asik, Ada yang Seperti di Atas Awan

1 Juli 2022 - 20:11 WIB

wisata sentul

Tak Muncul Setiap Saat, Ini 3 Tips Melihat Embun Upas Dieng

1 Juli 2022 - 10:16 WIB

Libur Sekolah, Ini Rekomendasi Wisata dari Menparekraf

30 Juni 2022 - 13:10 WIB

Bersiap Liburan? Ini Destinasi Wisata Lokal Paling Diburu Wisatawan

29 Juni 2022 - 16:52 WIB

Ini Dia Destinasi Wisata Desa Horor di Arab Saudi

29 Juni 2022 - 10:09 WIB

Penat dengan Hingar Bingar Ibu Kota? Healing di White Sand Beach Bisa Kalian Coba

28 Juni 2022 - 13:43 WIB

White Sand Beach
Trending di Wisata