Thursday, 28 March 2024
HomeTravellingJadi Ikon Kota Jakarta, Ini Deretan Fakta Ondel-Ondel

Jadi Ikon Kota Jakarta, Ini Deretan Fakta Ondel-Ondel

Bogordaily.net– Jakarta merayakan ulang tahunnya yang ke-495 hari ini. Kesenian khas Jakarta salah satunya sering dijumpai di jalan dengan iringan musik tanjidor maupun gambang kromong. Namun, tahukah jika kesenian yang satu ini memiliki sejarah panjang dan kepercayaan tersendiri.

Melansir Suara.com dari laman Nowjakarta dan Culturetrip, sendiri sudah ada sejak 1602 dan dipercaya sebagai simbol leluhur untuk menjaga masyarakat saat itu. Berikut fakta-fakta tentang :

Dipercaya dapat mengusir roh jahat

Pengaruh adat China dan Arab yang masuk ke daerah Jakarta di masa lalu, orang Betawi kuno percaya dapat menangkal kejahatan. Patung kesenian raksasa berukuran 2,5 meter ini awalnya rupanya difungsikan untuk mengusir setan atau makhluk halus yang mengganggu masyarakat.

Kesenian yang biasa ditampilkan pada suatu acara hajatan, dimaksudkan untuk melindungi para tamu dari berbagai kekuatan jahat. dipercaya mewakili roh baik untuk mengawasi masyarakat kala itu.

Arti warna pada wajah

Warna pada wajah itu sendiri juga memiliki filosofinya sendiri. Warna merah pada laki-laki mengartikan simbol dari roh jahat. Biasanya laki-laki digambarkan berkumis dan memiliki wajah sangar. Sedangkan, untuk wajah perempuan memiliki warna putih yang menandakan simbol kebaikan untuk melindungi masyarakat.

Di balik pembuatan ondel-ondel

Rupanya, dalam pembuatan kesenian yang satu ini juga tidak boleh sembarangan. Ondel-ondel terbuat dari bambu setinggi 2,5 meter dengan diameter 80 sentimeter. Dan dalam proses pembuatannya, harus ada ritual khusus terlebih dahulu.

Sosok yang membuatnya harus menyiapkan sesajen seperti kemenyan dan kembang tujuh rupa agar tidak dipengaruhi roh jahat. Setelah itu, barulah ondel-ondel dibuat dengan anyaman bambu untuk membuat tubuh dengan cangkak yang berongga.

Untuk bagian wajah biasanya diukir dari kayu. Pakaian yang digunakan sendiri biasanya berwarna cerah seperti layaknya seorang suami istri yang sedang menikah berdasarkan adat Betawi. Untuk bagian rambut, diolah dengan hati-hati dari daun pohon palem yang dikeringkan. Pada bagian kepala juga dihias dengan kembang kelapa, yaitu hiasan runcing yang biasanya terbuat dari kertas dan lidi yang ditusuk ke styrofoam.

Ondel-ondel masa kini

Pada 1977, Gubernur Jakarta Ali Sadikin mengubah fungsi kesenian ondel-ondel. Oleh karena itu, saat ini biasanya ondel-ondel digunakan untuk mengiringi suatu perayaan yang meriah. Ondel-ondel juga digunakan untuk menyambut tamu pada acara hajatan disertai iringan musik. Bahkan, sekarang sering kali terlihat kesenian ondel-ondel di pinggir jalan serta dijadikan banyak orang untuk sumber mata pencaharian.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here