Kapal Karam Terdalam di Dunia Ditemukan di Laut Filipina

Menu

Mode Gelap
Harga Emas Antam dan UBS di Pegadaian, Rabu 10 Agustus 2022 Profil Irjen Ferdy Sambo, Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J Kota Bogor Diramalkan Cerah Berawan, Rabu 10 Agustus 2022 E-KTP Jadi Syarat Beli Rokok? Terkini! Ini Lokasi Simling Kota Bogor, Selasa 9 Agustus 2022

Internasional · 27 Jun 2022 05:31 WIB

Kapal Karam Terdalam di Dunia Ditemukan di Laut Filipina


 USS Samuel B Roberts sebelum tenggelam di Laut Filipina. (US Navy/Okezone.com/Bogordaily.net) Perbesar

USS Samuel B Roberts sebelum tenggelam di Laut Filipina. (US Navy/Okezone.com/Bogordaily.net)

Bogordaily.net– Para penjelajah menemukan kapal perang USS Samuel B Roberts di perairan Filipina pada kedalaman 6.895 meter. Kabarnya belum pernah ada kapal karam yang ditemukan pada lokasi sedalam itu di dunia.

Kapala dilaporkan ditemukan 98 persen kedalaman dasar laut di dunia mencapai kurang dari 6.000 meter. Hanya palung-palung tektonik yang lebih dalam.

Kapal perang AS tersebut ditenggelamkan saat pertempuran dekat Pulau Samar, Filipina, Oktober 1944.

Pendana sekaligus petualang dari Texas, Victor Vescovo, menemukan kapal “Sammy B” dengan bantuan kapal selam yang dimilikinya. Kapal selam itu mampu menyelam jauh di bawah permukaan laut sehingga dapat merekam kondisi “Sammy B” yang penyok tapi utuh secara keseluruhan.

Dilansir Suara.com dari BBC, kapal USS Samuel B Roberts terkenal karena kegigihannya saat bertempur melawan Jepang. Meskipun kalah jumlah dan persenjataan, kapal mampu menahan serangan kapal-kapal musuh sebelum akhirnya karam.

Pada peristiwa saat itu, sebanyak 89 dari 224 kru kapal tewas dan 120 penyintas bertahan hidup dengan menaiki sekoci sembari menunggu upaya penyelamatan selama 50 jam.

Vescovo, yang pernah menjadi komponen cadangan Angkatan Laut AS, mengaku dirinya merasa luar biasa karena bisa menemukan kapal tersebut.

“Kami suka mengatakan bahwa baja tidak berbohong dan kapal karam ini adalah saksi terakhir dari pertempuran-pertempuran yang mereka pernah jalani,” kata Vescovo kepada BBC.

“Sammy B berhadapan secara langsung dengan kapal-kapal penjelajah Jepang yang besar dan menembak sedemikian cepat sehingga amunisinya habis; sampai-sampai kapal itu melesatkan peluru asap dan suar demi membakar kapal-kapal Jepang, dan terus menembak. Aksi kepahlawanan yang luar biasa. Para serdadu itu—di kedua belah pihak—bertempur sampai mati,” sambungnya.

Kapal perang itu juga terlihat berlubang akibat peluru-peluru Jepang dan terdapat bukti bahwa bagian belakang kapal kena hantaman dahsyat. Dari penampakannya, terlihat bagian ujung depan kapal yang pertama kali mengenai dasar laut.

Sementara itu pertempuran Samar digambarkan sebagai salah satu pertempuran laut terbesar sepanjang sejarah. Akibat baku tembak itu, Angkatan Laut Kekaisaran Jepang terpaksa menarik mundur kekuatannya. Sejumlah kapal dari kedua pihak juga hancur dan karam.

Tahun lalu, Vescovo menemukan kapal USS Johnston pada kedalaman 6.460 meter. Vescovo merupakan orang pertama di dunia yang mengunjungi titik-titik terdalam di lima samudera. Dia juga telah mendaki puncak-puncak gunung tertinggi di tujuh benua. ***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Kisah Para Perempuan Iran: Kami Perlu Bukti Keperawatan untuk Menikah

10 Agustus 2022 - 17:28 WIB

Korban Tewas Banjir Seoul Korea Selatan Jadi 16 Orang

10 Agustus 2022 - 12:52 WIB

Waspada! Virus Baru Langya Ditemukan di China

10 Agustus 2022 - 09:52 WIB

Rusia Tembak Rudal Hipersonik Kinzhal ke Fasilitas Militer Ukraina

10 Agustus 2022 - 06:51 WIB

Rudal Hipersonik Kinzhal

Fakta-fakta Banjir Bah di Korea Selatan, Kereta Api Lumpuh

9 Agustus 2022 - 21:17 WIB

Donald Trump Ngedumel, Rumahnya Dikepung FBI, Brankasnya Dibobol

9 Agustus 2022 - 21:09 WIB

Truth
Trending di Internasional