Friday, 26 April 2024
HomeBeritaKapal Karam Terdalam di Dunia Ditemukan di Laut Filipina

Kapal Karam Terdalam di Dunia Ditemukan di Laut Filipina

Bogordaily.net– Para penjelajah menemukan perang di perairan pada kedalaman 6.895 meter. Kabarnya belum pernah ada karam yang ditemukan pada lokasi sedalam itu di dunia.

Kapala dilaporkan ditemukan 98 persen kedalaman dasar laut di dunia mencapai kurang dari 6.000 meter. Hanya palung-palung tektonik yang lebih dalam.

perang AS tersebut ditenggelamkan saat pertempuran dekat Pulau Samar, , Oktober 1944.

Pendana sekaligus petualang dari Texas, Victor Vescovo, menemukan “Sammy B” dengan bantuan selam yang dimilikinya. selam itu mampu menyelam jauh di bawah permukaan laut sehingga dapat merekam kondisi “Sammy B” yang penyok tapi utuh secara keseluruhan.

Dilansir Suara.com dari BBC, kapal terkenal karena kegigihannya saat bertempur melawan Jepang. Meskipun kalah jumlah dan persenjataan, kapal mampu menahan serangan kapal-kapal musuh sebelum akhirnya karam.

Pada peristiwa saat itu, sebanyak 89 dari 224 kru kapal tewas dan 120 penyintas bertahan hidup dengan menaiki sekoci sembari menunggu upaya penyelamatan selama 50 jam.

Vescovo, yang pernah menjadi komponen cadangan Angkatan Laut AS, mengaku dirinya merasa luar biasa karena bisa menemukan kapal tersebut.

“Kami suka mengatakan bahwa baja tidak berbohong dan kapal karam ini adalah saksi terakhir dari pertempuran-pertempuran yang mereka pernah jalani,” kata Vescovo kepada BBC.

“Sammy B berhadapan secara langsung dengan kapal-kapal penjelajah Jepang yang besar dan menembak sedemikian cepat sehingga amunisinya habis; sampai-sampai kapal itu melesatkan peluru asap dan suar demi membakar kapal-kapal Jepang, dan terus menembak. Aksi kepahlawanan yang luar biasa. Para serdadu itu—di kedua belah pihak—bertempur sampai mati,” sambungnya.

Kapal perang itu juga terlihat berlubang akibat peluru-peluru Jepang dan terdapat bukti bahwa bagian belakang kapal kena hantaman dahsyat. Dari penampakannya, terlihat bagian ujung depan kapal yang pertama kali mengenai dasar laut.

Sementara itu pertempuran Samar digambarkan sebagai salah satu pertempuran laut terbesar sepanjang sejarah. Akibat baku tembak itu, Angkatan Laut Kekaisaran Jepang terpaksa menarik mundur kekuatannya. Sejumlah kapal dari kedua pihak juga hancur dan karam.

Tahun lalu, Vescovo menemukan kapal USS Johnston pada kedalaman 6.460 meter. Vescovo merupakan orang pertama di dunia yang mengunjungi titik-titik terdalam di lima samudera. Dia juga telah mendaki puncak-puncak gunung tertinggi di tujuh benua. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here