Monday, 29 April 2024
HomeTravellingKeindahan, Sejarah dan Rute Menuju Wisata Religi Masjid Terapung Painan

Keindahan, Sejarah dan Rute Menuju Wisata Religi Masjid Terapung Painan

Bogordaily.net yang satu ini merupakan salah satu yang terunik dan memiliki keindahan tiada tara. Namanya, Masjid Terapung Painan.

Sejak diresmikan pada bulan Februari 2021 lalu, masjid terapung di Sumatera Barat ini tidak pernah sepi pengunjung. Ditambah lagi, pemandangan di sekitar masjid juga sangat indah karena langsung menghadap ke lepas pantai dengan air biru serta beberapa pulau kecil yang mengitarinya.

Setelah keberadaannya diresmikan, masjid terapung langsung menjadi daya tarik wisatawan. Apalagi keberadaannya di kawasan Pantai Carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat juga tergolong masih mudah dijangkau.

Nama lengkap dari Masjid ini adalah Masjid Terapung Samudera Ilahi yang memiliki makna bahiniah supaya ketika memasuki masjid ini, para pengunjung sadar bahwa mereka tengah memasuki lautan Ketuhanan dengan segala kebesaran Allah. pendekatan ini dimasukkan dalam pendekatan tasawuf.

Luas Bangunan Masjid Terapung Painan

Masjid yang berdiri di area bibir laut ini dibangun di atas lahan seluas 1.796 meter persegi dengan biasa pembangunan mencapai 27,5 miliar rupiah, hal ini sebagaimana yang disampaikan Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni saat meresmikannya dahulu.

Bangunan yang dilengkapi dengan menara kembar setinggi 32 meter ini dapat menampung hingga 300 jamaah di bangunan inti masjid. Sehingga, tujuan utama pembangunan masjid terapung memang masih difungsikan sebagai rumah ibadah.

Rute Menuju Masjid Terapung Painan

Jika Anda berkeinginan menuju Masjid Terapung dari bandara, Anda perlu menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 100 kilometer (km) yang dapat ditempuh sekitar dua sampai tiga jam perjalanan darat.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga dapat menggunakan bus DAMRI antar kota dengan rute Pasar Raya Padang. Setelah itu, lanjutkan dengan bus travel ke area Pantai Carocok Painan.

Sayangnya, nama masjid ini sempat diberitakan kurang enak saat di awal peresmiannya tahun lalu ada aksi empat wanita yang berjoget di dalam masjid. Hal ini tentu tidak dapat diwajarkan karena bagaimanapun juga Masjid Terapung Samudera Ilahi adalah tempat ibadah yang harus selalu dijaga kesuciannya.

sumber: suara.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here