Thursday, 25 April 2024
HomeNasionalKelas 1,2,3 BPJS Ditiadakan Mulai Bulan Depan

Kelas 1,2,3 BPJS Ditiadakan Mulai Bulan Depan

Bogordaily.net akan menghapus kelas pelayanan dan akan diberlakukan bulan Juli mendatang.

Jadi, Kelas 1,2,3 itu ditiadakan sehinga hanya ada satu tarif dan satu kelas perawatan.

Gantinya Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) akan menerapkan kelas standar. Aturan ini disebut akan mulai diterapkan pada Juli 2022.

Ketua Komisi Kebijakan Umum DJSN Iene Muliati menjelaskan kelas standar yang baru akan diterapkan di 18 rumah sakit milik pemerintah.

“Di bulan Juli itu implementasi 9 kriteria 50 persen di rumah sakit vertikal. Saat ini ada 34 rumah sakit vertikal, kalau 50 persen berarti sekira 17-18 rumah sakit dahulu yang akan diterapkan di bulan Juli,” jelas Iene.

Menurut Iene Penerapan Kelas Standar yang akan diterapkan pada 18 rumah sakit vertikal tersebut berdasarkan penilaian dari DJSN dan Kementerian Kesehatan.

“Yang diterapkan di bulan Juli 50% rumah sakit vertikal itu kita lihat berdasarkan geografi dan kesiapan-kesiapan rumah sakit tersebut,” ujarnya lagi.

Namun demikian belum ada rincian rumah sakit mana saja yang akan menerapkan Kelas Standar tersebut.

Pasalnya sampai saat ini pihaknya bersama otoritas terkait seperti Kementerian Kesehatan, asosiasi rumah sakit, dan lainnya masih terus melakukan assessment atau penilaian.

Begitu juga dengan besaran tarif kepada rumah sakit dan iuran yang akan dibebankan kepada masyarakat. Saat ini kata, Iene masih dalam tahap pembahasan.

“Tarif dan iuran masih proses, masih digodok regulasinya. Jadi tarif dan iuran berbarengan kita siapkan. Begitu regulasinya selesai pasti akan kita umumkan,” jelas Iene.

Sebagai gambaran, kelas standar rawat inap akan menghapus kebijakan kelas yang selama ini berlaku.

Mulai bulan depan, kelas yang saat ini terdiri dari kelas 1, 2, dan 3 akan dihapuskan.

Sehingga seluruh peserta hanya akan memiliki satu tarif dan kelas perawatan yang sama.

Sumber: suara.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here