Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaKorut Tes Rudal, AS dan Korsel Pamer 20 Jet Tempur

Korut Tes Rudal, AS dan Korsel Pamer 20 Jet Tempur

Bogordaily.net– baru saja melakukan sejumlah uji coba rudal. Menyusul hal itu, dan pamer 20 jet tempur kepada Kim Jong-un, Selasa, 7 Juni 2022.

Jet-jet tempur berseliweran di udara wilayah barat Semenanjung Korea merespons uji coba rudal yang dilakukan Pyongyang. Sekutu mengirim jet tempur F-35A, F-15K, FK-16, dan F-16s di Laut Kuning, yang dikenal Laut Barat di Korsel.

Dilansir dari CNN Indonesia, (Korut) sebelumnya meluncurkan delapan rudal jarak pendek ke laut China pada Minggu, 5 Juni 2022.

dan AS membuktikan kekuatan mereka dan mampu menyerang secara cepat dan akurat melawan provokasi Korut dengan memamerkan kemampuan mereka dan postur melalui demonstrasi gabungan gabungan angkatan udara,” demikian pernyataan Kementerian Korsel, seperti dikutip dari CNN.

Aksi manuver 20 jet tempur AS dan Korsel itu dengah kekhawatiran bahwa Pyongyang di ambang uji coba senjata nuklir terbaru.

Badan Energi Atom Internasional (IAEA) pada Senin (6/6) menyatakan bahwa Rusia tengah menyiapkan jalan untukn menggelar tes nuklir diam-diam.

Pihak intelijen militer AS menduga bahwa Korut tengah melanjutkan uji coba nuklir bawah tanah di lokasi Punggye-ri. Gambar satelite memperlihatkan aktivitas para personel dan kendaraan di sana.

Punggye-ri merupakan satu dari enam situs uji coba nuklir Korut, sempat ditutup usai perjanjian dengan Korsel dan AS.

Sementara itu senjata nuklir juga pernah dibekukan oleh Perserikatan Bangsa-bangsa dan Korut sempat menghentikan uji coba nuklir pada 2017. Namun, Korut kini disebut-sebut mulai menunjukkan gelagat untuk melakukan uji coba nuklir kembali dan meresahkan AS serta sekutunya di Asia Pasifik.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here