Layanan Administrasi Kependudukan GRATIS!

Menu

Mode Gelap
Pakai Mobil Mercy, Perempuan Ini Maling Cokelat di Minimarket Gereja di Mesir Kebakaran, 41 Tewas Termasuk 18 Anak-anak Jadwal dan Lokasi Sim Keliling Kota Bogor, Senin 15 Agustus 2022 Pencuri Jadi Bulan-bulanan Warga, Sempat Todong Pistol Bharada E Dipastikan Aman di Rutan Bareskrim Polri

Advetorial · 10 Jun 2022 11:11 WIB

Layanan Administrasi Kependudukan GRATIS!


 Layanan Administrasi Kependudukan GRATIS! Perbesar

BAMBANG SETIAWAN, SH
KEPALA DINAS DUKCAPIL
KABUPATEN BOGOR

Kabupaten Bogor merupakan daerah dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia, yaitu sejumlah 5.327.131 jiwa. Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) sebagai penyelenggara administrasi kependudukan di Bumi Tegar Beriman, memiliki kewajiban untuk memberikan kepastian hukum terkait hak kependudukan seseorang dengan menerbitkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang valid dan tunggal.

Sebagaimana yang diatur di dalam Perpres No. 96 Tahun 2018 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil, penduduk mendapatkan NIK untuk pertama kalinya setelah melalui proses pencatatan biodata dengan cara melakukan verifikasi, validasi, dan input data ke dalam Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).

Apabila penduduk tersebut telah berusia lebih dari 17 tahun, sudah kawin, atau pernah kawin, maka perlu melakukan perekaman biometrik untuk mendapatkan KTP elektronik (KTP-el). Beberapa data yang direkam antara lain sidik jari, foto, iris mata serta tanda tangan. Hal ini dilaksanakan guna penunggalan data penduduk di Indonesia. Sebagaimana semangat dari pelayanan Disdukcapil Kabupaten Bogor yaitu 1 Penduduk 1 Identitas.

Memberikan pelayanan yang prima serta tuntas merupakan sebuah kewajiban. Salah satu indikator tersebut adalah dengan menyediakan tempat pelayanan yang nyaman dan aman. Sehingga pelayanan dapat berjalan dengan tertib dan teratur. Disdukcapil Kabupaten Bogor saat ini telah memiliki ruang pelayanan terpadu yang layanan didalamnya sudah terintegrasi dalam beberapa paket layanan 3in1 hingga 4in1. Hal ini membuat penduduk yang akan mengurus dokumen kependudukan dapat memproses dan menunggu dengan lebih nyaman.

Dengan adanya paket layanan kependudukan, masyarakat cukup melengkapi berkas persyaratan untuk mendapatkan beberapa dokumen kependudukan. Beberapa paket layanan yang tersedia, yaitu Paket Kelahiran Anak yang akan mendapatkan Kutipan Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan Kartu Identitas Anak (KIA), Paket Kematin yang akan mendapatkan dokumen kependudukan berupa Kutipan Akta Kematian, Kartu Keluraga dan KTP-el pasangan yang ditinggalkan.

Dalam rangka menyemarakan Hari Jadi Bogor (HJB) ke 540 tahun, Disdukcapil Kabupaten Bogor membuka pelayanan dokumen kependudukan pada hari Sabtu, 28 Mei 2022. Kegiatan ini menyajikan layanan rekam dan cetak KTP-el, cetak KIA (Kartu Identitas Anak), Kartu Keluarga, Surat Pindah Penduduk, Akta Kelahiran dan Akta Kematian. Pelayanan yang dibuka pada hari libur ini memberikan kesempatan kepada masyarakat yang kesulitan mengurus dokumen kependudukan pada hari kerja. Hal ini juga sejalan dengan budaya pelayanan yaitu PEDULI (Prima, Efisien, Disiplin, Unggul, Langsung, Inisiatif).

Disdukcapil Kabupaten Bogor terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada Masyarakat Bumi Tegar Beriman. Pelayanan administrasi kependudukan Mudah, Cepat dan Tanpa Biaya (GRATIS).

Artikel ini telah dibaca 100 kali

 
Baca Lainnya

The Beatles Night hadir di Café Rooftop Tertinggi Kota Bogor

15 Agustus 2022 - 11:54 WIB

Sambut Hari Kemerdekaan RI ke 77 Pemerintah Kota Bogor Berikan Stimulus Pajak

13 Agustus 2022 - 18:26 WIB

Pendidikan Politik Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Bogor Merangkul Kaum Milenial Dalam Kancah Politik 2024

7 Juli 2022 - 11:40 WIB

Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Gandeng BPBD Dan Damkar Untuk Membentuk Tim Tanggap Darurat

1 Juli 2022 - 17:46 WIB

Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Gandeng Dinas Lingkungan Hidup Mengajak Masyarakat Menjaga Kelestarian Sungai Ciliwung

17 Juni 2022 - 08:51 WIB

Publikasi Kegiatan Triwulan Satu Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bogor

7 Juni 2022 - 20:36 WIB

Trending di Advetorial