Friday, 19 April 2024
HomeBeritaLiberia, Negara yang Tidak Pernah Terjajah Bangsa Eropa dan Dipimpin Legenda Ac...

Liberia, Negara yang Tidak Pernah Terjajah Bangsa Eropa dan Dipimpin Legenda Ac Milan

Bogordaily.net – Di dunia ini ada satu negara yang tidak pernah terjajah bangsa eropa. Negara itu adalah . Sebuah negara republik yang terletak di pesisir barat Benua Afrika.

Kok bisa negara ini tidak pernah terjajah bangsa eropa? Negara ini juga memiliki fakta-fakta menarik sebagai salah satu negara yang tidak pernah di jajah Bangsa eropa.

Ibukota Negara adalah Monrovia. adalah salah satu negara republik tertua yang ada di Afrika.

Presiden saat ini adalah George Weah, salah satu legenda sepakbola AC Milan yang terpilih menjadi presiden tahun 2017 lalu. memiliki beragam keunikan dan fakta yang hanya dapat dijumpai di negara ini.

Menyadur dari bigseventravel.com berikut fakta .

1. adalah negara yang terletak di pesisir Afrika Barat

terletak di bagian selatan Afrika Barat. berbatasan dengan Sierra Leone, Guinea, dan Pantai Gading. Ibu kota adalah Monrovia yang juga menjadi kota terbesar di negara itu. Populasi Liberia pada tahun 2022 adalah 5.259.785 jiwa.

Bahasa Inggris adalah bahasa resmi di Liberia, meskipun penduduknya berbicara sekitar 29 bahasa Afrika yang berbeda seperti bahasa Kpelle, Bassa, Grebo, Dan, Kru, Mano, Loma, dan Mandingo.

2. American Colonization Society (ACS) mendirikan Liberia

Liberia adalah salah satu negara republik tertua di Afrika. American Colonization Society (ACS) mendirikan negara ini pada tahun 1821 di atas tanah yang diperoleh untuk membebaskan budak AS.

Liberia tetap di bawah kendali Amerika selama 17 tahun. Pada tahun 1839, Liberia mencapai kemerdekaan parsial melalui deklarasi persemakmuran. Pada 26 Juli 1847, Liberia resmi mendeklarasikan dirinya sebagai negara berdaulat (merdeka).

3. Bangsa Eropa tidak pernah menjajah Liberia

Sebelum kedatangan ACS, Liberia bukanlah negara berdaulat atau koloni negara berdaulat. Oleh karena itu, untuk menghadapi ancaman politik dari Inggris, ACS memerintahkan Liberia untuk segera mendeklarasikan kemerdekaannya.

Setelah mendeklarasikan kemerdekaan pada tahun 1847, negara-negara Eropa masih menganggap Liberia sebagai koloni Amerika dan karena alasan inilah para ahli teori mengatakan bahwa Liberia menghindari penjajahan selama perebutan Eropa terhadap Afrika pada tahun 1880-an.

Oleh karena itu, Liberia menjadi salah satu negara Afrika yang tidak pernah dijajah oleh bangsa Eropa.

4. Populasi penduduk Liberia menjadi salah satu yang termuda di Afrika

Usia rata-rata penduduk Liberia adalah 18 tahun. Sebagai perbandingan, usia rata-rata penduduk Monako, negara dengan rata-rata penduduk tertua di dunia adalah 55,4 tahun. Di Liberia, lebih dari 60 persen penduduknya berusia di bawah 25 tahun.

5. Liberia tidak memiliki situs warisan dunia UNESCO

Pada tahun 2022, UNESCO telah memasukkan 1.154 situs ke dalam daftar properti warisan dunia. Namun, hanya ada 27 negara yang tidak memiliki properti dalam daftar warisan dunia. Liberia adalah salah satu dari 27 negara di dunia yang tidak memilikinya.

Sumber: suara.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here