Liberia, Negara yang Tidak Pernah Terjajah Bangsa Eropa dan Dipimpin Legenda Ac Milan

Menu

Mode Gelap
Sekolah SMPN 16 Kota Bogor Digondol Maling, Kerugian Capai Rp 15 juta Siap-siap, Uji Coba Kelas BPJS Kesehatan Dihapus Besok Diisukan Hamil Anak Jay Park, Ini Tanggapan Jessi SuaraPemerintah.ID dan TRAS N CO Indonesia Berikan Penghargaan Istimewa untuk BPR Korea Utara Beberkan AS-Korsel-Jepang Mulai Membentuk “NATO Versi Asia”

Internasional ยท 12 Jun 2022 18:22 WIB

Liberia, Negara yang Tidak Pernah Terjajah Bangsa Eropa dan Dipimpin Legenda Ac Milan


 Liberia, Negara yang Tidak Pernah Terjajah Bangsa Eropa dan Dipimpin Legenda Ac Milan Perbesar

Bogordaily.net – Di dunia ini ada satu negara yang tidak pernah terjajah bangsa eropa. Negara itu adalah Liberia. Sebuah negara republik yang terletak di pesisir barat Benua Afrika.

Kok bisa negara ini tidak pernah terjajah bangsa eropa? Negara ini juga memiliki fakta-fakta menarik sebagai salah satu negara yang tidak pernah di jajah Bangsa eropa.

Ibukota Negara Liberia adalah Monrovia. Liberia adalah salah satu negara republik tertua yang ada di Afrika.

Presiden Liberia saat ini adalah George Weah, salah satu legenda sepakbola AC Milan yang terpilih menjadi presiden tahun 2017 lalu. Liberia memiliki beragam keunikan dan fakta yang hanya dapat dijumpai di negara ini.

Menyadur dari bigseventravel.com berikut fakta Liberia.

1. Liberia adalah negara yang terletak di pesisir Afrika Barat

Liberia terletak di bagian selatan Afrika Barat. Liberia berbatasan dengan Sierra Leone, Guinea, dan Pantai Gading. Ibu kota Liberia adalah Monrovia yang juga menjadi kota terbesar di negara itu. Populasi Liberia pada tahun 2022 adalah 5.259.785 jiwa.

Bahasa Inggris adalah bahasa resmi di Liberia, meskipun penduduknya berbicara sekitar 29 bahasa Afrika yang berbeda seperti bahasa Kpelle, Bassa, Grebo, Dan, Kru, Mano, Loma, dan Mandingo.

2. American Colonization Society (ACS) mendirikan Liberia

Liberia adalah salah satu negara republik tertua di Afrika. American Colonization Society (ACS) mendirikan negara ini pada tahun 1821 di atas tanah yang diperoleh untuk membebaskan budak AS.

Liberia tetap di bawah kendali Amerika selama 17 tahun. Pada tahun 1839, Liberia mencapai kemerdekaan parsial melalui deklarasi persemakmuran. Pada 26 Juli 1847, Liberia resmi mendeklarasikan dirinya sebagai negara berdaulat (merdeka).

3. Bangsa Eropa tidak pernah menjajah Liberia

Sebelum kedatangan ACS, Liberia bukanlah negara berdaulat atau koloni negara berdaulat. Oleh karena itu, untuk menghadapi ancaman politik dari Inggris, ACS memerintahkan Liberia untuk segera mendeklarasikan kemerdekaannya.

Setelah mendeklarasikan kemerdekaan pada tahun 1847, negara-negara Eropa masih menganggap Liberia sebagai koloni Amerika dan karena alasan inilah para ahli teori mengatakan bahwa Liberia menghindari penjajahan selama perebutan Eropa terhadap Afrika pada tahun 1880-an.

Oleh karena itu, Liberia menjadi salah satu negara Afrika yang tidak pernah dijajah oleh bangsa Eropa.

4. Populasi penduduk Liberia menjadi salah satu yang termuda di Afrika

Usia rata-rata penduduk Liberia adalah 18 tahun. Sebagai perbandingan, usia rata-rata penduduk Monako, negara dengan rata-rata penduduk tertua di dunia adalah 55,4 tahun. Di Liberia, lebih dari 60 persen penduduknya berusia di bawah 25 tahun.

5. Liberia tidak memiliki situs warisan dunia UNESCO

Pada tahun 2022, UNESCO telah memasukkan 1.154 situs ke dalam daftar properti warisan dunia. Namun, hanya ada 27 negara yang tidak memiliki properti dalam daftar warisan dunia. Liberia adalah salah satu dari 27 negara di dunia yang tidak memilikinya.

Sumber: suara.com

Artikel ini telah dibaca 300 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Paus Fransiskus Tuding Rusia Lakukan Agresi dan Imperialisme di Ukraina

1 Juli 2022 - 20:01 WIB

Sering Dihina London, Moskow Panggil Duta Besar Inggris

1 Juli 2022 - 18:03 WIB

Moskow

Jokowi ke Abu Dhabi Ditemani Prabowo Usai Bertemu Putin

1 Juli 2022 - 12:16 WIB

Bertemu Presiden Rusia, Jokowi Siap Jadi Jembatan Komunikasi Putin-Zelensky

1 Juli 2022 - 08:41 WIB

Pendukung yang Hina Nabi Muhammad Tewas Dipenggal, India ‘Lockdown’

1 Juli 2022 - 05:39 WIB

Misteri Penyebab Kematian Massal 21 Remaja di London

30 Juni 2022 - 21:57 WIB

kematian massal 21 remaja
Trending di Internasional