Saturday, 20 April 2024
HomeKota BogorManfaat Biskita untuk Warga Kota Bogor

Manfaat Biskita untuk Warga Kota Bogor

Bogordaily.net – Mengaspal sejak Selasa, 2 November 2021. Masyarakat dapat menikmati layanan transportasi umum gratis di jaringan jalan utama menggunakan Transpakuan.

Saat ini, jumlah Transpakuan mencapai 49 unit. Jumlah itu merupakan konversi 147 Angkutan Umum Kota (Angkot). Secara bertahap program ini direncanakan menggantikan semua angkot di . Sebagian sopirnya dilatih menjadi sopir BusKita Trans Pakuan.

“Tapi, kehadiran BisKita tidak menyampingkan keberadaan Angkot. Angkot di atur untuk angkutan umum penumpang di jaringan jalan sekunder seperti Jalan Provinsi dan Jalan Kota,” kata Kasi Pelayanan Angkutan Dishub , Michammad Yaffies kepada bogordaily.net melalui sambungan telepon, Jumat 10 Juni 2022.

Lebih lanjut, Yaffies menjelaskan, bahwa dengan adanya Biskita di dapat memberikan pelayanan angkutan umum yang handal kepada masyarakat seperti keamanan, kenyamanan, keselamatan dan ketepatan waktu saat Biskita datang di Shalter-shalter yang tersedia.

“Pada saat Biskita tiba di Shalter, Bus ini tidak ngetem, hanya menurun atau menaikan penumpang saja,” jelasnya.

Bus yang saat ini telah beroperasi menggunakan karoseri Laksana bodi Nucleus 5 dengan sasis Hino FB 130. Kapasitas medium bus ini dapat menampung sebanyak 20 penumpang duduk dan 15 penumpang berdiri.

Fasilitas yang tersedia di dalam bus kata Yaffies, antara lain palu pemecah kaca, sabuk pengaman, layar informasi, pegangan tangan, layanan pengaduan, tabung pemadam api, kamera CCTV, dan tentu saja fasilitas utama Air Conditioner.

“Dan ada juga blackbox untuk menangkap suara yang otomatis sudah terekam,” ujarnya.

Terlebih lagi, jika masyarakat yang hendak menggunakan Biskita bisa dilihat dari aplikasi Teman BISKITA yang dapat di download di play store.

Aplikasi Teman Bus sendiri adalah penerapan program Buy the Service (BTS) dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang diluncurkan Juni 2020.

“Tujuan aplikasi adalah pengembangan angkutan umum di kawasan perkotaan berbasis jalan raya. Hingga saat ini, sejak diluncurkan pada 2 November 2021 Biskita Trans Pakuan telah melayani masyarakat di secara gratis,” ucapnya.

Tarif Biskita Trans Pakuan di tahun 2022 masih gratis hingga menunggu informasi berikutnya. Untuk metode pembayaran, kata Yaffies, penumpang dapat memakai transaksi nontunai seperti kartu elektronik atau QR Code.

Sedangkan jam operasional BISKITA Trans Pakuan dimulai dari pukul 05.00 hingga pukul 21.00 WIB.

Yaffies menyampaikan, layanan Biskita ini sudah beroperasi di 11 Kota, meliputi Medan, Denpasar, Palembang, Solo, Yogyakarta, Makassar, Banyumas, Bandung, Banjarmasin, Surabaya, serta .

Berikut rute BISKITA Trans Pakuan

Koridor 1: Terminal Bubulak – Yasmin – Warung Jambu – Cidangiang PP.

Koridor 2: Terminal Bubulak – Stasiun Bogor – Kebun Raya Bogor – Cidangiang – Ciawi PP.

Koridor 3: Terminal Bubulak – Stasiun Bogor – Kebun Raya Bogor – Sukasari via Suryakencana – Batutulis PP.

Koridor 4: Ciawi – Cidangiang – Kebun Raya Bogor – Warung Jambu – Pomad – Ciparigi PP.

Koridor 5: Ciparigi – Kedunghalang – Jambu Dua – Taman Air Mancur – Stasiun Bogor PP
.
Koridor 6: Parung Banteng – R3 – Tegal Gundil – Jambu Dua – Taman Air Mancur PP.

(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here