Friday, 29 March 2024
HomeBeritaMenang Pemilu, Ferdinand Marcos Jr Jadi Presiden Baru Filipina

Menang Pemilu, Ferdinand Marcos Jr Jadi Presiden Baru Filipina

Bogordaily.net punya presiden baru. Dia adalah Ferdinand Marcos Jr. Mercos resmi dilantik sebagai presiden menggantikan Rodrigo Duterte melalui sebuah upacara di Manila, pada Kamis 30 Juni 2022

Pelantikan dan kemenangan itu sekaligus menandai bangkitnya dinasti politik Marcos, yang dilengserkan setelah rangkaian demonstrasi besar-besaran pada 1986 silam.

Marcos Jr – yang berjuluk Bong Bong – memenangi pemilu dengan kemenangan telak, bulan lalu.

Dia bakal bekerja sama dengan Sara Duterte, putri Rodrigo Duterte, yang dilantik sebagai wakil presiden.

Marcos Jr mengucapkan sumpah sebagai presiden pada Kamis (30/6) tengah hari dalam upacara yang meriah di Museum Nasional.

Berdiri diapit istri dan tiga putranya, Marcos Jr melambai dan tersenyum sembari menyaksikan parade yang menampilkan pertunjukan jet-jet tempur dan barisan tentara dari berbagai kesatuan.

Dalam pidato pertamanya sebagai presiden, Marcos Jr berterima kasih kepada khalayak karena memberikan “mandat elektoral terbesar dalam sejarah demokrasi ”.

Ke depan, pria 64 tahun ini bakal dihadapkan pada ekonomi yang dilanda inflasi tinggi dan utang menumpuk sejak sebelum pandemi Covid-19.

Sejumlah kalangan menunggu janji-janjinya untuk meningkatkan lapangan pekerjaan dan menurunkan harga sembako serta kebutuhan mendasar.

Ada pula yang menunggu Marcos Jr untuk memperbaiki citra semasa dipimpin Duterte, yang dikenal membelenggu kebebasan pers serta memerangi narkoba dengan tumpahan darah.

Pelantikan Marcos Jr berlangsung beberapa hari setelah Mahkamah Agung memutuskan bahwa hukuman atas kejahatan menghindari pajak tidak bisa mendiskualifikasi seseorang untuk menjabat sebagai presiden. ***

Sumber: suara.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here