Mengenang Sosok Musisi Legendaris Donny Suhendra

Menu

Mode Gelap
Sekolah SMPN 16 Kota Bogor Digondol Maling, Kerugian Capai Rp 15 juta Siap-siap, Uji Coba Kelas BPJS Kesehatan Dihapus Besok Diisukan Hamil Anak Jay Park, Ini Tanggapan Jessi SuaraPemerintah.ID dan TRAS N CO Indonesia Berikan Penghargaan Istimewa untuk BPR Korea Utara Beberkan AS-Korsel-Jepang Mulai Membentuk “NATO Versi Asia”

Tokoh · 20 Jun 2022 15:09 WIB

Mengenang Sosok Musisi Legendaris Donny Suhendra


 Donny Suhendra. (Instagram/@indralesmana/Suara.com/Bogordaily.net) Perbesar

Donny Suhendra. (Instagram/@indralesmana/Suara.com/Bogordaily.net)

Bogordaily.net– Salah satu musisi legendaris Tanah Air, Donny Suhendra baru saja wafat pada Minggu, 19 Juni 2022. Donny yang dikenal sebagai gitaris itu mengembuskan napas terakhirnya pada usia 62 tahun. Seperti apa perjalanan Donny Suhendra di dunia musik Tanah Air? Berikut sosok Donny Suhendra yang dirangkum dari Wikipedia.org.

Donny Suhendra lahir pada 9 November 1960. Gitaris ini memulai kariernya pada tahun 1977 sebagai guitarist WE band. Pada tahun 1978-1982 Donny kuliah di ITB jurusan senirupa dan desain.

Kemudian tahun 1979 ia bergabung dengan band Rock G’Brill di Kota Bandung dan melanjutkan karier musiknya pada tahun 1981 dengan mendirikan band Fusion D’Marzio serta membuat rekaman bersama penyanyi Rien Djamain.

Pada tahun 1985, Donny mendirikan grup band Krakatau bersama Dwiki Dharmawan, Budhy Haryono dan Pra Budi Dharma. Mereka kemudian mengikuti Festival di Yamaha Light Music Contest Tokyo Jepang pada tahun 1985.

Donny lalu juga memperoleh beberapa penghargaan antara lain sebagai Guitarist Terbaik di Indonesia dari Yamaha Light Music Contest pada tahun 1985.

Kemudian pada tahun 1991 membentuk Adegan Band bersama Indra Lesmana, Gilang Ramadhan, Hari Moekti, dan Mates. Grup band tersebut sukses menelurkan tiga album.

Di tahun yang sama Donny tergabung sebagai guitarist Java Jazz Band yang menghasilkan album Sabda Prana dan melakukan beberapa pertunjukan di beberapa kota di Amerika.

Tak hanya itu, Donny juga aktif sebagai session player untuk beberapa rekaman artist. Pada Tahun 1999, dia sempat membuat album solo bertajuk “Disini ada kehidupan”.

Donny Suhendra kemudian tergabung dalam Nera Band bersama Gilang Ramadhan, Ivan Nestorman, Krisna Prameswara, dan Adi Dharmawan. Selain itu juga pada tahun 2006 ia juga ikut andil dalam pembuatan album Syaharani & the Queenfireworks dan melakukan tour bersama Syaharani & The Esqief.

Tak hanya sebagai pemain musik, Donny juga terjun ke menjadi pengajar dalam bidang musik dengan ikut mendirikan sekolah musik Gladiresik Music Lab bersama-sama dengan Todung Pandjaitan. Selamat jalan, Donny Suhendra.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Mengenang Kiprah Tjahjo Kumolo, Aktifis Tulen dari Surakarta

1 Juli 2022 - 15:52 WIB

Tjahjo Kumolo meninggal

Profil Jordi Amat, Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia yang Tuai Pro Kontra

1 Juli 2022 - 11:00 WIB

Profil Jordi Amat

Profil Ferdinand Marcos Jr, Presiden Filipina yang Baru Dilantik

1 Juli 2022 - 07:31 WIB

Heboh Muhidin Mohamad Said Wakil Ketua Banggar DPR Terjatuh saat Rapat Paripurna, Siapa Dia?

30 Juni 2022 - 19:01 WIB

Kisah David Steward, Anak Pemulung yang Jadi Salah Satu Orang Terkaya di Dunia

30 Juni 2022 - 09:40 WIB

Sosok DJ Joice, Mantan Model Kelahiran Bogor yang Tersandung Kasus Narkoba

29 Juni 2022 - 05:51 WIB

Trending di Tokoh