Wednesday, 24 April 2024
HomeBeritaMengenang Sosok Musisi Legendaris Donny Suhendra

Mengenang Sosok Musisi Legendaris Donny Suhendra

Bogordaily.net– Salah satu legendaris Tanah Air, baru saja wafat pada Minggu, 19 Juni 2022. Donny yang dikenal sebagai gitaris itu mengembuskan napas terakhirnya pada usia 62 tahun. Seperti apa perjalanan di dunia musik Tanah Air? Berikut yang dirangkum dari Wikipedia.org.

lahir pada 9 November 1960. Gitaris ini memulai kariernya pada tahun 1977 sebagai guitarist WE band. Pada tahun 1978-1982 Donny kuliah di ITB jurusan senirupa dan desain.

Kemudian tahun 1979 ia bergabung dengan band Rock G'Brill di Kota Bandung dan melanjutkan karier musiknya pada tahun 1981 dengan mendirikan band Fusion D'Marzio serta membuat rekaman bersama penyanyi Rien Djamain.

Pada tahun 1985, Donny mendirikan grup band Krakatau bersama Dwiki Dharmawan, Budhy Haryono dan Pra Budi Dharma. Mereka kemudian mengikuti Festival di Yamaha Light Music Contest Tokyo Jepang pada tahun 1985.

Donny lalu juga memperoleh beberapa penghargaan antara lain sebagai Guitarist Terbaik di Indonesia dari Yamaha Light Music Contest pada tahun 1985.

Kemudian pada tahun 1991 membentuk Adegan Band bersama Indra Lesmana, Gilang Ramadhan, Hari Moekti, dan Mates. Grup band tersebut sukses menelurkan tiga album.

Di tahun yang sama Donny tergabung sebagai guitarist Java Jazz Band yang menghasilkan album Sabda Prana dan melakukan beberapa pertunjukan di beberapa kota di Amerika.

Tak hanya itu, Donny juga aktif sebagai session player untuk beberapa rekaman artist. Pada Tahun 1999, dia sempat membuat album solo bertajuk “Disini ada kehidupan”.

kemudian tergabung dalam Nera Band bersama Gilang Ramadhan, Ivan Nestorman, Krisna Prameswara, dan Adi Dharmawan. Selain itu juga pada tahun 2006 ia juga ikut andil dalam pembuatan album Syaharani & the Queenfireworks dan melakukan tour bersama Syaharani & The Esqief.

Tak hanya sebagai pemain musik, Donny juga terjun ke menjadi pengajar dalam bidang musik dengan ikut mendirikan sekolah musik Gladiresik Music Lab bersama-sama dengan Todung Pandjaitan. Selamat jalan, .***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here