Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaMerokok di Masjidil Haram Anda Bisa Didenda Rp18 juta

Merokok di Masjidil Haram Anda Bisa Didenda Rp18 juta

Bogordaily.net – Arab saudi bukan Indonesia. Aturan di negara ini sangat ketat banyak yang dilarang apalagi di lingkungan .

Kebiasaan di Indonesia kerap kali dilakukan jemaah saat berada di tanah suci. Padahal kebiasaan itu sangat dilarang. Jika ketahuan Anda bisa berurusan dengan kepolisian Arab Saudi.

Merokok misalnya. Jika Anda merokok di lingkungan masjid di Arab Saudi, apalagi di bisa membuat jemaah ditangkap polisi. Tak hanya itu, denda Rp18 juta juga menghantui.

Ternyata, merokok bukanlah hal satu-satunya yang dilarang di Tanah Suci. Kepala Seksi Perlindungan Jemaah Haji Indonesia Daerah Madinah, Harun Al Rasyid mengungkapkan ada beberapa hal yang biasa saja jika dilakukan di Indonesia, tapi menjadi pelanggaran serius di kawasan tempat suci Arab Saudi, seperti di Masjid Nabawi, di antaranya:

1. Membentangkan Spanduk atau Syal

Jemaah haji diimbau untuk jangan melakukan hal ini karena polisi bisa saja membawa Anda ke kantor polisi lalu menginterogasi Anda. Biasanya, jemaah haji Indonesia ada yang memiliki kebiasaan membentangkan spanduk rombongannya di Tanah Suci untuk berfoto.

“Hal lain juga biasanya orang Indonesia, suka membentangkan syal sepakbola di depan Kabah. Ada juga yang memfoto wayang dan sandal jepit depan Kabah,” kata Harun saat ditemui di Kantor Urusan Haji Madinah pada Sabtu 25 Juni 2022.

2. Berkerumun

Berkerumun juga menjadi salah satu hal yang dilarang di Arab Saudi. Apabila berkerumun, Anda akan didatangi polisi. Polisi juga akan langsung membubarkan.

3. Membuang Sampah Sembarangan

Jemaah haji jangan sampai membuang sampah atau benda apapun di lingkungan tempat ibadah. Apabila kesulitan menemukan tempat sampah, masukkan sampah ke kantong terlebih dahulu daripada terkena denda.

4. Merokok

Nah, merokok menjadi salah satu kebiasaan yang sangat sulit dihindari oleh orang Indonesia. Sebagai informasi, Arab Saudi sudah mulai memperketat aturan terkair merokok sejak 2018 lalu. Tidak hanya melarang merokok di lingkungan tempat ibadah, tetapi juga di fasilitas publik yang bisa dilihat anak-anak di bawah umur.

5. Mengambil Barang atau Sampah Tercecer

Jemaah juga dilarang untuk mengambil barang atau sampah satupun yang tercecer. Mungkin Anda memiliki niatan yang baik untuk mengambil barang yang tercecer. Namun, kakunya penegak hukum Arab Saudi tak akan memahami niatan baik Anda.

Bisa-bisa Anda akan kena masalah jika tepergok oleh polisi mengambil barang yang tercecer di kompleks Masjid Nabawi dan .

Lebih lanjut, Harun juga mengimbau agar jemaah haji Indonesia mengingat bahwa sedang berada di Arab Saudi dan tentunya harus memahami aturan serta budaya yang jauh berbeda dengan di Indonesia demi keamanan bersama.

“Ini demi keamanan dan kenyamanan kita semua dalam berhaji. Jangan sampai kena masalah hukum malah mengganggu aktivitas ibadah,” imbuh Harun.

Sumber : suara.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here