Mitos Ikan Duyung dari Berbagai Belahan Dunia

Menu

Mode Gelap
FIFA Resmi Umumkan Jadwal Kick-off Piala Dunia 2022 Dimajukan Hari Ini Harga Emas Antam Turun Rp 5.000 Per Gram Diserang Kelompok ADF, 800 Napi Penjara di Kongo Timur Kabur Jangan Telat Perpanjang Sim, Cek di Sini Lokasinya! Bupati Pemalang Terjaring OTT KPK

Kisah Misteri ยท 28 Jun 2022 18:42 WIB

Mitos Ikan Duyung dari Berbagai Belahan Dunia


 Mitos Ikan Duyung dari Berbagai Belahan Dunia Perbesar

Bogordaily.net – Heboh penampakan ikan duyung di media sosial memicu orang mencari tahu seperti apa mitos ikan duyung tersebut.

Ikan duyung kerap diasosiasikan dengan penampakan seorang wanita cantik yang memiliki sirip seperti yang divisualisasikan dalam film.

Ikan duyung sendiri juga sering disamakan dengan dugong karena bentuknya yang mirip. Namun, keduanya memiliki perbedaan di mana dugong pada dasarnya termasuk jenis mamalia laut. Sedangkan duyung sendiri diidentifikasi sebagai bagian dari keluarga ikan.

Dalam beberapa mitos yang beredar, ikan duyung sendiri digambarkan dengan sosok yang mirip dengan manusia. Hanya saja, ikan duyung ini tidak memiliki kaki tetapi ekor. Mitos mengenai ikan duyung ini rupanya juga berbeda-beda di berbagai negara.

Melansir laman Scuba, berikut beberapa mitos yang beredar mengenai duyung.

Mitos dari jaman dahulu

Diketahui, kisah mengenai ikan duyung ini berawal dari sebuah peradaban kuno yang saat ini menjadi negara Irak. Peradaban kuno ini dikenal dengan nama Asyur sekitar abad 1000 SM.

Berdasarkan kisah yang beredar, ikan duyung merupakan seorang Dewi Atargatis (dewi mitologi orang Het) yang jatuh cinta dengan penggembala. Namun, duyung tersebut tidak sengaja membunuh penggembala tersebut.

Sebab merasa malu, Dewi tersebut akhirnya melemparkan diri ke danau dan berharap menjadi ikan selamanya. Namun, karena kecantikannya masih nampak, akhirnya ia mengambil ekor ikan dan menggabungkannya dengan tubuh manusia miliknya.

Sementara itu dalam cerita Yunani Kuno duyung berawal dari saudara Alexander Agung yang berubah setelah kematiannya. Sementara arwahnya diceritakan menetap di Laut Aegea

Mitos dari Asia Timur

Pada masyarakat Tiongkok ikan duyung digambarkan sebagai sosok yang mampu mengeluarkan mutiara dari air matanya. Selain itu, ikan duyung juga dipercaya memiliki kekuatan yang bisa membawa keberuntungan untuk masyarakat.

Oleh karena itu, para nelayan di sana banyak yang ingin memburu ikan duyung. Namun, nelayan yang memburunya akan dipandang negatif karena ikan duyung dipercaya melambangkan keanggunan dan keindahan.

Mitos itu berbeda dengan versi Jepang. Masyarakat Jepang percaya daging ikan duyung jika dikonsumsi akan memberikan keabadian kepada orang tersebut. Namun, menangkap ikan duyung juga dinilai membawa nasib buruk.

Sementara itu, jika melihat ikan duyung yang terdampar di pantai, hal tersebut akan menandakan malapetaka yang berbahaya.

Mitos dari Inggris

Bagi masyarakat Inggris, ikan duyung dipercaya sebagai hal buruk di laut. Mereka percaya ikan duyung adalah makhluk nakal yang suka merayu pelaut dan membawanya menyelam hingga meninggal.

Jika ikan duyung tersebut muncul ke permukaan sendiri dapat menandakan hal buruk yang akan terjadi.

Ikan duyung pandangan modern

Selain itu, sosok tersebut dipercaya akan kembali menjadi duyung jika kakinya itu terkena air kembali.

Itulah beberapa mitos mengenai ikan duyung. Hingga kini belum ada data adan bukti valid mengenai keberadaan dan bentuk ikan duyung yang sebenarnya. Namun, beberapa masyarakat tetap mempercayai keberadaan makhluk ini benar adanya.

Sumber: suara.com

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Dibalut Masa Lalu yang Kelam, Tempat Ini Dijuluki Kota Para Penyihir

12 Agustus 2022 - 18:29 WIB

Oh Serem…! Kisah ‘Kampung Setan’ di Kawasan Wisata Curug Seribu, Terdengar Ramai Padahal Sepi

12 Agustus 2022 - 17:06 WIB

Misteri Pria Tanpa Kepala di Pulau Kematian Nusakambangan

12 Agustus 2022 - 15:50 WIB

Misteri Ojek Online Tersasar di Hutan Jati Gunungkidul, Terdengan Suara Rintihan

11 Agustus 2022 - 19:55 WIB

Hutan Jati Gunungkidul

Asal Usul Malam Jumat Kliwon

11 Agustus 2022 - 19:38 WIB

4 Mitos Angker Malam Jumat Kliwon, No 1 Paling Bikin Merinding

11 Agustus 2022 - 19:26 WIB

Trending di Kisah Misteri