Friday, 29 March 2024
HomePolitikNetralitas PNS Jelang Pemilu 2024, Ini Kata Ombudsman RI

Netralitas PNS Jelang Pemilu 2024, Ini Kata Ombudsman RI

Bogordaily.net – Anggota Robert Na Endi Jaweng mendorong seluruh PNS atau aparatur sipil negara () menjaga integritas dan independensi pada Pemilu serta Pilkada Serentak 2024.

“Integritas dan independensi adalah mahkota . Jangan dipertaruhkan hanya karena kepentingan politik. Sebagai , jadikan pelayanan publik sebagai orientasi utama,” ujar Robert saat menjadi narasumber dalam gelar wicara bertajuk “Sinergi Pengawasan Netralitas pada Pemilu dan Pilkada Serentak 2024”, di Kantor Ombudsman RI, Jakarta, Selasa (31/5/2022).

Pada kesempatan sama, anggota KASN Arie Budhiman menyampaikan, berdasarkan pengawasan pihaknya sejak tahun 2020 sampai 2021, ada lima kategori pelanggaran netralitas paling banyak terjadi berkaitan dengan pemilu, yakni sebanyak 30,4 persen berupa kampanye atau sosialisasi di media sosial dan 22,4 persen merupakan kegiatan yang mengarah kepada keberpihakan kepada salah satu calon atau bakal calon.

Berikutnya, ditemukan pula sebanyak 12,6 persen pelanggaran netralitas berupa foto bersama bakal calon atau pasangan calon dengan mengikuti simbol gerakan tangan ataupun gerakan yang mengindikasikan keberpihakan dan 10,9 persen menghadiri deklarasi pasangan bakal calon atau calon peserta pilkada.

“Lalu, 5,6 persen mendekati parpol terkait dengan pencalonan dirinya atau orang lain sebagai calon atau bakal calon kepala daerah ataupun wakil kepala daerah,” lanjut Arie.

Ke depan, Arie menilai tantangan pengawasan netralitas dalam pemilu memang makin kompleks, terutama berkenaan dengan munculnya praktik birokrasi berpolitik.

Pada sisi lain, menurut Robert, dalam konteks penyelenggaraan pemilu, menemukan sejumlah bentuk malaadministrasi pada penanganan pengaduan netralitas .

Di antaranya, ujar dia, penundaan berlarut dalam penanganan pengaduan netralitas ASN, baik yang diselenggarakan oleh Bawaslu maupun Komisi ASN (KASN), dan penyimpangan prosedur penanganan pelanggaran netralitas tersebut.

Selain itu, Robert juga menyampaikan bahwa pada dasarnya pengawasan penyelenggaraan pemilu tidak hanya terkait dengan netralitas ASN, tetapi juga dapat diperluas hingga politik anggaran, alokasi bantuan sosial, dan dana hibah di pemerintah daerah melalui anggaran dinas.

“Kami sering temukan modalitas kepala daerah petahana untuk menang salah satunya menggunakan jalur strategis mobilisasi ASN dan perangkat dinas. Hal-hal seperti ini yang harus dicegah,” ujar dia. [Antara]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here