Saturday, 4 May 2024
HomeNasionalPertanyaan yang Wajib Ditanya saat Ingin Membeli Mobil Bekas

Pertanyaan yang Wajib Ditanya saat Ingin Membeli Mobil Bekas

Bogordaily.net – Banyak masyarakat yang membeli ketimbang mobil baru. Namun, agar tidak kecewa saat melakukan transaksi , tidak perlu sungkan untuk tanyakan beberapa pertanyaan penting ini.

Saat ini, kebutuhan transportasi pribadi semakin meningkat, apalagi peran kendaraan juga dinilai mempengaruhi mobilitas manusia.

Selain itu, fungsi kendaraan juga bisa menjadi penilaian kemampuan finansial seseorang, orang yang memiliki mobil akan lebih dipercaya finansialnya daripada orang yang tak memilikinya.
Saat akan membeli .

Pertimbangannya menjadi lebih banyak. Selain terkait harga, ada juga pertimbangan lain, misal biaya perawatan, biaya bahan bakar untuk menjalankan mobil, dan biaya lainnya seperti penyusutan harga saat hendak menjual kembali.

Untuk itu, mari kita bahas satu persatu pertanyaan atau info apa saja yang harus ditanyakan saat hendak membeli .

Jadi agar lebih waspada, perlu menanyakan beberapa hal penting mengenai tersebut.

1. Kenapa Mobilnya Dijual?

Beberapa penjual mungkin memiliki alasan seperti: Ingin ganti mobil baru, punya kebutuhan lain, bosan dengan tipe mobil tersebut, atau ingin membutuhkan dana tambahan untuk keperluan mendesak.

Sebagai pembeli yang cerdas, Anda tentunya harus paham bahwa bisa jadi penjual akan memberi alasan-alasan yang tidak memberatkan untuk membeli mobil miliknya.

2. Mobilnya Sering Dipakai Untuk Apa?

Informasi selanjutnya, yang termasuk pertanyaan pribadi untuk penjual, yakni bagaimana atau apa tujuan mobil tersebut sering digunakan.

Nah, mengapa pertanyaan ini penting, karena bagaimana mobil tersebut digunakan, secara tidak langsung akan mengungkap kondisi dari mobil itu sendiri.

3. Apakah Pernah Mengalami Tabrakan?

Pertanyaan ini harus ditanyakan oleh semua orang yang tertarik membeli . Riwayat kecelakaan dapat secara drastis mengurangi kemampuan berkendara dan keamanan mobil, bersama dengan nilai keseluruhannya.

Selain pemeriksaan visual yang menyeluruh terhadap retak atau penyok, Anda dapat melihat apakah mobil mengalami kecelakaan berdasarkan warnanya.

4. Sudah Tangan Keberapa?
Menanyakan hal ini juga perlu, karena , bukan berarti selalu mobil yang pertama kali dimiliki oleh satu orang. Bisa jadi penjual mobil bekas membeli mobil tersebut dari orang lain.

Kerepotan tersebut antara lain bila kedepannya harus balik nama kendaraan, atau informasi-informasi lainnya yang tidak diketahui dari pihak yang menjual mobil.

5. Mobilnya Sering Diparkir Dimana?
Salah satu pertanyaan penting yang sering dilewatkan saat akan membeli mobil bekas, dimana biasanya penjual menyimpan mobil bekas? Hal ini harus ditanyakan juga, karena kebiasaan tersebut akan berpengaruh pada kualitas mobil itu sendiri.

Hal yang bisa mempengaru adalah suhu di sekitaran mobil. Bila sering diparkir di kondisi panas, cat mobil akan turun kualitasnya, bisa memudar atau bahkan pecah. Bila sering terkena hujan, ada potensi berkarat di beberapa bagian mobil.

6. Apakah Boleh Test-drive?

Ini adalah hal yang tidak boleh dilewatkan saat membeli mobil, baik mobil bekas atau baru sekalipun. Catatan performa, fitur, dan lain-lain bisa jadi hanya tertulis di kertas.

Namun dari sisi feel mengemudi, kenyamanan, dan hal-hal lainnya di balik setir, hanya bisa anda rasakan ketika mencoba untuk mengemudikan langsung mobil tersebut.

Bila Anda memiliki waktu luang, tanyakanlah apakah penjual bersedia untuk mobilnya dipinjamkan untuk test-drive.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here