Friday, 19 April 2024
HomeKabupaten BogorPesantren Tahfiz Al-Qur'an Menengah (PTQM) Imam Asy Syafi'i Bogor Gelar Wisuda

Pesantren Tahfiz Al-Qur’an Menengah (PTQM) Imam Asy Syafi’i Bogor Gelar Wisuda

Bogordaily.net Tahfiz Al-Qur'an Menengah (PTQM) Imam Asy Syafi'i Bogor menggelar dan pelepasan santri kelas lX PTQ – M Imam Asy – Syafi'i angkatan ke 1 tahun 2022, di Masjid PTQM Kampung Carang Pulang, RT02/RW03, Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor.

Dengan mengusung tema “Mewujudkan Generasi Qur'ani yang Berakhlakul Karimah dan Berakidah Ahlus Sunah Wal Jalma'ah”.

“Alhamdulillah kami telah sukses meluluskan sekitar 50 santri pada angkatan pertama,” kata Pimpinan Tahfiz Imam Asy Syafi'i, Salman Yudi Aris Dwiyanto, S.Ud, LC kepada bogordaily.net, Sabtu 25 Juni 2022.

Menurut Salman Yudi, dari tahun 2019 sampai tahun 2022 mereka sudah banyak menghafal Al-Qur'an, belajar ilmu syar'i dan belajar pelajaran umum.

“Karena kita memiliki komitmen untuk mencetak para kader penghafal Al-Qur'an. Dan bisa mengamalkannya dengan akhlak Al Qur'an. Dan memiliki keyakinan akidah yang kuat yaitu Alus sunah wal jama'ah,” jelasnya.

Salman mengatakan, pada dan pelepasan santri ini juga pihaknya memberikan 4 kategori santri berprestasi. Pertama adalah santri yang mendapatkan nilai pelajaran agama atau Diniyah tertinggi. Kedua santri mendapatkan nilai Diknas tertinggi, ketiga santri teladan dan keempat santri yang paling banyak menghafal Al-Qur'an.

“Hal itu dilakukan sebagai bentuk apresiasi, atas kerja keras mereka selama belajar di Tahfiz Al-Qur'an Menengah (PTQM) Imam Asy Syafi'i Bogor,” ucapnya.

Meski demikian, pada pembelajaran menghafal Al-Qur'an pihaknya tidak mentargetkan harus menyelesaikan 30 juz. Tapi minimal mereka bisa menghafal setengahnya.

“Kita menargetkan sekitar 12 juz di tingkat SMP dan kemudian di tingkat SMA menyelesaikan sisanya sekitar 18 juz. Jadi, kalau di total insyaallah bisa menyelesaikan 30 juz,” terangnya.

Dengan dan pelepasan santri kelas lX PTQ – M Imam Asy – Syafi'i angkatan ke 1 tahun 2022 ini, dirinya berharap semoga PTQM bisa memberikan manfaat kepada masyarakat kepada peserta didik dan tentunya kepada umat Islam.

Diketahui untuk santri yang mendapatkan kategori nilai Diniyah Madrasah tertinggi :
1. Hamzah Ali
2. Handzolah
3. Mushlih Fadhilah Syamil

Kategori Nilai Diknas Tertinggi
1. Mushlih Fadhilah Syamil

Kategori Hafalan tertinggi
1. Muhammad Syamil
2. Abdurrahman Ash-Shiddiq
3. Mushlih Fadhilah Syamil

Kategori siswa/santri teladan
1. Handzolah

(Ibnu Galansa Montazery)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here