Friday, 10 May 2024
HomeBeritaProfil Raja Juli Antoni, Politisi PSI yang Baru Dilantik Jadi Wakil Menteri...

Profil Raja Juli Antoni, Politisi PSI yang Baru Dilantik Jadi Wakil Menteri ATR

Bogordaily.net– Nama menyedot perhatian. Ia ramai dibicarakan usai isu reshuffle kabinet 2022 memanas. Politisi itu pun kemudian resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Lalu siapa ? Berikut sebagaimana dilansir dari Suara.com.

merupakan politikus dari Partai Solidaritas Indonesia (). Ia menjabat sebagai Dewan Pembina . Lahir pada 13 Juli 1977 di Pekanbaru, Raja Juli Antoni kuliah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) yang sekarang sudah berubah menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, lulus tahun 2001.

Ia kemudian melanjutkan pendidikan S2-nya lewat beasiswa dan mendapat gelar Master di The Department of Peace Studies, The University of Bradford, Inggris.  Raja juga menyelesaikan Doctoral di School of Political Science and International Studies, The University of Queensland, Australia.

Selain pendidikan yang mumpuni, perjalanan karier Raja Juli Antoni di dunia politik pernah menduduki beberapa posisi di antarannya mantan Ketua Umum PP Ikatan Pelajar Mahasiswa (IPM), Direktur Eksekutif Maarif Institute, caleg PDIP untuk Daerah Pemilihan Jawa Barat IX (Kabupaten Subang, Sumedang, dan Majalengka) pada 2009, Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (). Selain itu, ia juga aktif menulis berbagai Media Nasional, seperti Kompas, Tempo, Republika.

Sebelumnya, Sekretaris Dewan Pembina Raja Juli Antoni dilantik Presiden Jokowi sebagai Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Istana Negara, Jakarta pada Rabu, 15 Juni 2022.

Raja Juli mendampingi mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memimpin Kementerian ATR/BPN. Dia pun berjanji akan bekerja keras untuk mewujudkan visi misi Jokowi, terutama di bidang reforma agraria.

“Jadi pak Hadi adalah komandan kita. Saya bagian prajurit di BPN yang nanti bersama teman-teman di lapangan akan bekerja keras mewujudkan visi misi Pak Jokowi terutama reforma agraria,” kata Raja Juli usai dilantik di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Mendampingi Hadi Tjahjanto Raja Juli mengaku akan menjalankan tugas sesuai arahan yang telah diberikan Jokowi di antaranya menyelesaikan permasalahan konflik agraria atu pun sengketa lahan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here