Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaRute Evakuasi Terpotong, Dampak Rusia Ledakkan Jembatan Penghubung Sievierodonetsk 

Rute Evakuasi Terpotong, Dampak Rusia Ledakkan Jembatan Penghubung Sievierodonetsk 

Bogordaily.net – Rute evakuasi warga sipil terpotong akibat ledakkan dari hingga menghancurkan jembatan yang menghubungkan Kota Sievierodonetsk, dengan Kota di seberang sungai.

Lantaran hanya tersisa satu dari tiga jembatan yang masih berdiri.

“Jika setelah penembakan baru, jembatan itu runtuh, kota itu akan benar-benar terputus. Tidak akan ada cara untuk meninggalkan Sievierodonetsk dengan kendaraan,” kata gubernur provinsi Luhansk, Serhiy Gaidai, dikutip dari RMOL, Senin 13 Juni 2022.

Gaidai mencatat tidak ada perjanjian gencatan senjata atau pun koridor evakuasi yang disepakati.

Sievierodonetsk telah menjadi pusat pertempuran untuk menguasai wilayah Donbas timur . Beberapa bagian kota telah hancur dalam beberapa pertempuran paling berdarah sejak Kremlin melancarkan invasi pada 24 Februari.

Menurut Gaiddai, pasukan telah menguasai sebagian besar kota tetapi pasukan tetap menguasai kawasan industri dan pabrik kimia Azot tempat ratusan warga sipil berlindung.

“Sekitar 500 warga sipil tetap berada di wilayah pabrik Azot di Sievierodonetsk, 40 di antaranya adalah anak-anak. Terkadang militer berhasil mengevakuasi seseorang,” ujarnya.

Sievierodonetsk merupakan kantong terakhir tanah yang dikuasai di wilayah strategis Luhansk. Dengan jatuhnya kota tersebut, maka akan membawa selangkah lebih dekat ke salah satu tujuan yang dinyatakan oleh Putin yang disebut sebagai “operasi militer khusus”.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here