Sunday, 19 May 2024
HomeBeritaSelain Redakan Batuk, Ini Manfaat Daun Saga Bagi Kesehatan

Selain Redakan Batuk, Ini Manfaat Daun Saga Bagi Kesehatan

Bogordaily.net – Berbagai penyakit yang dapat disembuhkan dengan cara herbal dan tradisional dengan menggunakan kandungan manfaat yang dipercaya bisa atasi keluhan-keluhan rasa sakit yang dialami.

Pernahkah mendengar ? Ini adalah salah satu tanaman yang diyakini bisa menjadi obat batuk tradisional.

Selain untuk atasi batuk, ternyata manfaat lain dari ini juga banyak lho. Berikut 5 manfaat bagi Kesehatan tubuh.

1. Atasi Batuk

Batuk adalah salah satu penyakit yang banyak diatasi dengan minuman tradisional, salah satunya air rebusan .

Tidak hanya batuk, manfaat jika dibuat ternyata juga dapat membantu meredakan gejala radang tenggorokan lainnya seperti seperti suara serak dan panas dalam.

2. Obati Sariawan

Bahan aktif abrus lactone, asam abrusgenat, dan turunan metilnya dari , rupanya mampu memberikan manfaat untuk mengatasi sariawan.

Kalian bisa mengunyahnya selama beberapa detik untuk mengeringkan sariawan. Anda juga bisa membuat obat kumur alami dengan air rebusan . Air rebusan ini bisa diolah menjadi obat kumur alami dan digunakan 2-3 kali sehari.

3. Membantu Mengatasi Asma

Dalam pengobatan Ayurvedic, digunakan untuk membantu mengatasi asma. Mereka menggunakan ekstrak akar dan daun saga untuk mengatasi asma.

Pengobatan Ayurvedic adalah satu di antara pengobatan holistik tertua di dunia yang menggunakan obat herbal. Dalam pengobatan Ayurvedic, daun saga dapat digunakan untuk mengatasi masalah asma.

4. Redakan Panas Dalam

Manfaat daun saga yang ketiga adalah untuk membantu meredakan panas dalam. Meski bukan tergolong penyakit berat, panas dalam tetaplah membuat orang merasa tidak nyaman.

Gejala panas dalam biasanya ditandai dengan sakit tenggorokan, bibir kering dan pecah-pecah, sariawan dan napas tidak sedap. Ditambah, kemunculan panas dalam bisa jadi pertanda gejala dari penyakit lain.

Untuk itu, segeralah minum air rebusan daun saga untuk meredakannya. Caranya, cuci bersih sekitar 10-15 daun saga lalu rebus dengan 2 gelas air.

5. Atasi Malaria

Malaria merupakan penyakit yang disebabkan oleh paparan parasit plasmodium dari gigitan nyamuk anopheles. Di Kamboja dan Nigeria, akar dan daun saga dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional malaria.

Caranya adalah dengan mengolah akar dan daunnya dengan air panas. Meski demikian, sebaiknya kita mengikuti perawatan medis dari dokter untuk mengatasi malaria karena penyakit tersebut perlu penanganan cepat.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here