Monday, February 6, 2023
HomeNasionalSeperti Booster, Olahraga Ini Mampu Kembalikan Mood Lebih Semangat

Seperti Booster, Olahraga Ini Mampu Kembalikan Mood Lebih Semangat

IIMS

Bogordaily.net – Jenis-jenis olahraga ini wajib jadi rutinitas akhir pekan setelah satu minggu bergelut dengan kesibukan pekerjaan. Jenis olahraga ini mampu mengembalikan kembali mood jadi lebih bersemangat lagi, seperti booster.

Olahraga memang bisa menjaga tubuh tetap sehat dan bugar tak hanya dengan mengonsumsi makanan sehat, namun juga dibarengi dengan olahraga.

Olahraga juga dapat membuat suasana hati lebih senang, tubuh akan lebih fresh. Dengan olahraga, Anda lebih bisa meredam dan mengelola emosi.

Olahraga mampu meningkatkan mood kita secara alami. Dengan rutin berolahraga, risiko mengalami gangguan cemas, depresi, dan ketegangan pun akan menurun. Mood merupakan keadaan emosional seseorang yang cenderung pada suasana hati. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi mood menjadi baik atau tidak.

Berbagai macam olahraga bisa Anda lakukan sesuai yang kalian senangi, namun setidaknya 6 olahraga yang diklaim dapat memperbaiki mood Anda:

1. Stretching

Stretching atau peregangan termasuk olahraga ringan. Anda dapat melakukan peregangan di pagi hari sesaat setelah bangun tidur. Sembari melakukan gerakan peregangan, Anda juga dapat menghirup udara segar. Dengan begitu Anda akan merasa lebih tenang dan mood jadi membaik.

Mulailah melakukan peregangan otot untuk meredakan ketegangan setelah meringkuk di tempat tidur. Lakukan pemanasan ringan yang berfokus pada paha depan, paha belakang, pinggul, dan bahu.

2. Berjalan kaki

Jika Anda memiliki banyak masalah, bahkan membuat Anda bete, cara paling sederhana untuk mengatasinya yakni dengan jalan-jalan. Tentunya jalan-jalan dengan arti sesungguhnya tidak melulu harus naik mobil atau motor, ya.

Olahraga yang murah meriah yakni berjalan kaki. Olahraga ini dapat Anda lakukan setiap saat. Akan jauh lebih baik jika dirutinkan setiap hari. Jaraknya tak perlu jauh-jauh, cukup beberapa kilometer saja, asal rutin. Meski tampak sederhana dan sepele, namun berjalan kaki ternyata dapat memperbaiki postur tubuh, menenangkan saraf-saraf Anda yang pada akhirnya dapat meningkatkan mood Anda lebih baik, terutama jika Anda berjalan di luar ruangan.

Berjalan juga mampu menurunkan tingkat stres, menurunkan kecemasan, bahkan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Apalagi jika berjalan kaki mengelilingi kompleks disuguhkan dengan pemandangan sawah, pegunungan pastinya menambah suasana yang segar jauh dari hiruk pikuk polusi.

3. Jogging

Sama dengan berjalan kaki, jogging atau berlari kecil ini merupakan olahraga yang murah meriah pula. Tanpa membutuhkan alat olahraga yang banyak dan menguras budget. Cukup memakai pakaian olahraga saja, Anda sudah bisa jogging.

Namun olahraga ini lebih menantang, karena berlari membutuhkan energi lebih banyak. Jogging dapat membentuk otot tubuh, membakar lemak sekaligus memperbaiki mood.

4. Bersepeda

Bersepeda menjadi olahraga terfavorit saat ini. Bahkan sudah menjadi gaya hidup. Ada banyak manfaat dari bersepeda, diantaranya menyehatkan jantung, menguatkan otot kaki, dan mengurangi stres.

Bagaimana tidak, sambil naik sepeda, Anda bisa jalan-jalan menikmati pemandangan lingkungan sekitar sembari mencari jajanan tradisional, nikmat sekali bukan?.

Bersepeda dipercaya meningkatkan kadar endorfin yang memicu timbulnya perasaan senang, dan membuat Anda untuk berpikir jernih sehingga Anda dapat mengendalikan stres lebih baik. Ajaklah teman atau keluarga terdekat untuk pergi bersepeda agar suasana semakin menyenangkan.

5. Yoga

Yoga dinilai sebagai salah satu olahraga yang menyenangkan. Olahraga ini tentunya sangat direkomendasikan untuk memperbaiki mood. Yoga membantu menenangkan dan mengistirahatkan pikiran sembari menggerakkan tubuh.

Melalui gerakan dan cara bernapas yang teratur dalam gerakan yoga, secara alami yoga akan mencairkan suasana hati dan membiarkan ke khawatiran yang Anda rasakan semakin berkurang. Yoga dapat dilakukan kapan saja, namun sangat disarankan melakukan yoga saat perut kosong. Bagi pemula, sebaiknya didampingi oleh instruktur, yah.

6. Senam Aerobik

Jika Anda suka dengan gerakan seperti menari yang lebih energik. Saat bete, Anda bisa mencoba melakukan olahraga senam aerobik ini. Ada banyak jenis senam aerobik seperti zumba, ballet, belly dance, dan lain-lain.

Senam ini termasuk olahraga aerobik yang melibatkan musik sehingga membuat suasana olahraga jadi lebih menyenangkan. Olahraga ini akan lebih seru dan bersemangat jika dilakukan secara beramai-ramai.

Bukan hanya itu, jika dilakukan bersama-sama olahraga ini juga memberikan kesempatan Anda untuk saling berinteraksi satu sama lain. Interaksi sosial juga bisa jadi obat untuk meningkatkan suasana hati yang sedang kacau.

Wah, olahraga memang menyenangkan. Mood yang terjaga baik , maka dapat membuat Anda lebih produktif dan bahagia. Jangan lupa sempatkan olahraga, yah. Setidaknya 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Salam sehat, selamat mencoba.

Sumber: suara.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

Gabung dengan Kami

Loker Bogor Daily

Invitation Investor Gathering

Anton S Suratto

Perumda Tirta Pakuan

PAN Jawa Barat

Harlah PPP

Dirgahayu PDI Perjuangan

RSUD Ciawi

RSUD Leuwiliang

Antam

Harlah 1 Abad Nahdlatul Ulama

Perumda Tirta Kahuripan

Sienna Residence bogor

UIKA Bogor