Friday, 24 May 2024
HomePolitikSurvei IPS: Head to Head Prabowo Lawan Ganjar dan Anies, Ini Hasilnya

Survei IPS: Head to Head Prabowo Lawan Ganjar dan Anies, Ini Hasilnya

: Head to Head Prabowo Lawan Ganjar dan Anies, Ini Hasilnya

 

Bogordaily.net Hasil survei terbaru soal elektabilitas sejumlah tokoh sebagai calon presiden di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dirilis Lembaga survei Indonesia Poling Stations atau IPS.

Hasilnya, dari tiga nama teratas kekinian, unggul dari dan .

Peneliti Senior IPS, Alfin Sugianto, mengatakan bahwa dalam survei pihaknya mengeluarkan pertanyaan kepada para responden soal siapa kah yang akan dipilih jika pilpres digelar hari ini. Hasilnya, sebanyak 29,8 persen publik mengaku akan memilih .

berada di posisi kedua dengan elektabilitas 20,6 persen, diikuti 16,8 persen,” kata Alfin dalam paparannya secara daring sebagaimana dikutip dari Suara.com, Senin, 27 Juni 2022.

Alfin menjelaskan, dalam pertanyaan tertutup yang menyajikan 16 nama tokoh, elektabilitas capres-capres lain seperti Sandiaga Uno, Ridwan Kamil, Agus Harimurty Yudhoyono, Erick Thohir dan sebagainya bahkan tercecer sangat jauh dengan elektabilitas Prabowo.

Dalam simulasi mempertemukan head to head dengan Ganjar Pranowo, hasilnya elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra tersebut melesat jauh mengungguli Gubernur Jawa Tengah tersebut.

“Jika Pilpres 2024 hanya diikuti dua capres, Prabowo dan Ganjar, sebanyak 62,1 persen responden mengaku akan memilih Prabowo, sementara hanya 34,4 persen yang menegaskan pilihannya pada Ganjar,” jelasnya.

Tidak hanya dengan Ganjar, simulasi lainnya dilakukan ketika Pilpres hanya diikuti dua orang yakni Prabowo dengan . Hasilnya, Prabowo lagi-lagi lebih unggul daripada lawannya.

“Sebanyak 61,5 persen responden mengaku akan memilih Prabowo dan hanya 35,2 persen yang menegaskan pilihannya pada ,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Alfin menyampaikan, menguatnya elektablitas Prabowo akhir-akhir ini bisa dipahami karena adanya sejumlah faktor.

Selain faktor kinerja Prabowo sebagai Menteri Pertahanan yang diapresiasi positif oleh publik, kata dia, pertarungan yang semakin sengit antara para pendukung Ganjar dan pendukung Anies justru menguntungkan posisi Prabowo.

Seperti diketahui, dalam beberapa bulan terakhir para pendukung Ganjar dan Anies sangat agresif di media melakukan serangan satu sama lain.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here