Friday, 19 April 2024
HomeNasionalTak Sponsori Formula E, Anggota DPR Sindir Erick Thohir

Tak Sponsori Formula E, Anggota DPR Sindir Erick Thohir

Bogordaily.net – Perhelatan Jakarta E-Prix atau Formula 2022 yang telah berlangsung di Jakarta, ternyata disoroti oleh salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Mufti Anam. Dalam hal ini, dirinya mengkritik Erick Thohir yang tak mensponsori ajang .

Mufti Anam mengkritik Menteri Erick Thohir lantaran tak ada perusahaan pelat merah yang memberikan sponsor untuk Jakarta E-Prix 2022 alias yang berlangsung pada Sabtu, 4 Juni 2022.

“Kalau acaranya menteri jangankan sebulan proposal, satu menit sebelum acara pak menteri saja bisa itu support,” ungkap Mufti dikutip dari CNN Indonesia, Kamis, 9 Juni 2022.

Menurutnya, dengan tidak adanya dalam sponsor menimbulkan opini di masyarakat. Masyarakat jadi menilai bahwa Erick memberikan instruksi kepada BUMN agar tidak memberikan sponsor.

“Ada kata-kata di masyarakat yang bilang ‘oh ini sengaja oleh pak menteri BUMN diinstruksikan untuk BUMN tidak bantu karena ini kemudian Pak Anies Baswedan (Gubernur DKI Jakarta) menjadi kompetitor pak menteri begitu',” papar Mufti.

Sebelumnya, Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan alasan utama perusahaan pelat merah tak memberikan sponsor karena proposal kerja sama dari panitia baru masuk ke BUMN sekitar sebulan sebelum ajang internasional bakal dihelat.

“Kementerian BUMN menerima informasi bahwa sebagian dari korporasi di bawah BUMN menerima proposal sponsorship dari panitia penyelenggara Jakarta E-Prix 2022 rata-rata sebulan sebelum event itu diselenggarakan,” ujar Arya.
Padahal, menurut dia, BUMN biasanya menerima proposal kerja sama sponsor minimal tiga bulan sebelum acara. Bahkan, kadang harus setahun sebelum acara.

“Dengan demikian, ada waktu yang cukup untuk melakukan kajian sebelum mengambil keputusan yang didasari oleh aspek bisnis dan kontribusi nilai sosial BUMN kepada masyarakat,” jelas Arya.

Kendati begitu, ia menyatakan sebenarnya ada dukungan dari BUMN kepada , yakni melalui PT Indosat Tbk. Perusahaan yang sebagian sahamnya dimiliki oleh BUMN itu, telah menjadi salah satu sponsor acara.

Seperti diketahui, pihak BUMN menyatakan bahwa alasan mereka absen dari sponsor yakni karena mereka baru menerima proposal sponsorship satu bulan sebelum perhelatan.***

(Raista Hasan/Magang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here