Friday, 29 March 2024
HomeKota BogorUIKA Bogor Ikut Gerakan Bulan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular

UIKA Bogor Ikut Gerakan Bulan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular

Bogordaily.net – Dalam rangka memperingati hari jadi Bogor yang ke -540 Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Bogor menyelenggarakan Gerakan Bulan Deteksi Dini untuk Pencegahan Penyakit Tidak Menular, Rabu 15 Juni 2022.

Siti Khodijah Parinduri, S.K.M., M.K.M Wakil Ketua Acara Kegiatan  Gerakan Bulan Deteksi Dini PTM di Kampus   menjelaskan, acara ini terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan di antaranya, pengecekan berat badan, tinggi badan, gula darah, perhitungan IMT, tes Kejiwaan kemudian ada tes Kesehatan mata dan rangkaian tes lainnya.

“Ada berbagai rangkaian screening yang akan dilaksanakan pada kegiatan ini, untuk melihat kesehatan civitas akademika . Pengecekan dilakukan untuk Hari ini adalah rangkaian kolaborasi antara Dinas Kesehatan, Kecamatan dan juga Universitas Ibnu Khaldun Bogor,” jelasnya

Gerakan deteksi PTM ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeteksi PTM di Kota Bogor serta untuk meningkatkan pelayanan kesehatan usia produktif dan lansia.

Pemkot Bogor bergerak melakukan deteksi dini PTM dengan kolaborasi antara aparatur kecamatan, kelurahan, puskesmas dan organisasi-organisasi di Kota Bogor untuk menyadarkan kembali masyarakat agar hidup sehat dan melakukan pengecekan secara rutin.

Diketahui sebelumnya Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor beserta Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor mengadakan Gerakan Bulan Deteksi Penyakit Tidak Menular Di Kota Bogor Melalui Paguyuban Salapan. Di Villa Arum Sari, Kelurahan Curug, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Rabu 15 Juni 2022.

Tujuanya sendiri agar terlaksananya pencegahan dan pengendalian PTM untuk menurunkan angka kesakitan, angka kecacatan akibat komplikasi dan kematian akibat Penyakit Tidak Menular di Kota Bogor.

Albin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here