Wednesday, 24 April 2024
HomeNasional84 Persen Orang Indonesia Menikmati Game Melalui Ponsel

84 Persen Orang Indonesia Menikmati Game Melalui Ponsel

Bogordaily.net – Indonesia memiliki potensi pasar yang luar biasa untuk industri . Setidaknya hampir setengah pengguna di Indonesia bermain menggunakan  .

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Semuel A. Pangerapan mengungkap, sesuai Peta Ekosistem Industri Indonesia tahun 2021 orang Indonesia lebih banyak memainkan di .

Semuel menyatakan, jumlah pemain di Indonesia mencapai lebih dari 170 juta orang di berbagai macam platform.

“Hal itu didorong dengan keberadaan pintar atau smartphone sebagai platform terpopuler untuk bermain ,” kata Semuel.

Semuel mengungkap kalau sebanyak 84 persen responden Indonesia adalah pemain game di . Di bawahnya, ada 43 persen pemain yang menggunakan komputer atau desktop (PC).

Lalu 20 persen pemain game adalah mereka yang memiliki perangkat notebook atau laptop. Posisi terakhir yakni pemain game di konsol dengan 9,5 persen.

Sem, sapaan akrabnya, membeberkan waktu yang dihabiskan pemain game di Indonesia dengan hand phone rata-rata 11 jam per minggu.

Lalu disusul pemain game di komputer sekitar delapan hingga sembilan jam per minggu. Terakhir ada pemain game konsol sekitar tujuh jam per minggu.

“Besarnya pasar penggunaan game tersebut, perlu dilirik dan dimaksimalkan potensinya,” ujar dia.

Mengutip laporan Peta Ekosistem Industri Game Indonesia 2021 yang dirilis Kementerian Kominfo bersama Niko Partners, Semuel turut menyebutkan, pendapatan segmen game Indonesia dalam platform mobile dan fisik mencapai 1.074 miliar dolar AS atau Rp 16 triliun.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here