Monday, 27 May 2024
HomeNasionalBacaan Doa Lengkap Niat dan Berbuka Puasa Dzulhijjah 2022

Bacaan Doa Lengkap Niat dan Berbuka Puasa Dzulhijjah 2022

Bogordaily.net – Bacaan doa lengkap niat dan berbuka puasa Dzulhijjah 2022. Bagi umat muslim memiliki keistimewaannya sendiri.

Puasa sunnah Dzulhijjah dilakukan tanggal 1-7 bulan Dzulhijjah, sedangkan tanggal 8 umat Islam akan melaksanakan puasa Tarwiyah.

Kemudian, tanggal 9 umat Islam akan melangsungkan puasa Arafah serta tanggal 10 Dzulhijjah umat islam melangsungkan Lebaran Haji atau . Setelah seharian menjalani 2022, jangan lupa untuk membaca doa 2022 berikut.

Keutamaan

Sebelum mengetahui bacaan doa buka 2022, simak dulu keutamaan . Keutamaan puasa di bulan Dzulhijjah ini sesuai sabda Rasulullah SAW, yang tertuang di dalam tertuang pada hadis Ibnu ‘Abbas:

“Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzulhijjah)”.

Amalan puasa di bulan Dzulhijjah dilaksanakan oleh Rasulullah SAW. Dari Hunaidah bin Kholid, dari istrinya, beberapa istri Nabi Muhammad SAW menyampaikan:

“Rasulullah SAW biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijjah, pada hari Asyura (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya”.

Niat Puasa

Berikut ini adalah bacaan niat , Tarwiyah, dan Arafah yang perlu diketahui:

– Niat : “Nawaitu shouma syahri dzil hijjah sunnatan lillahi ta'ala”. Artinya: “Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta'ala”

– Niat puasa Tarwiyah: “Nawaitu shouma tarwiyata sunnatan lillahi ta'ala”. Artinya: “Saya niat Puasa Tarwiyah, sunnah karena Allah ta'ala”.

– Niat Puasa Arafah: “Nawaitu shouma arafata sunnatan lillahi ta'ala”. Artinya: “Saya niat Puasa Arafah, sunnah karena Allah ta'ala”.

Doa Buka 2022

Selain mengetahui bacaan niat, kita juga harus tahu bacaan doa buka puasa Dzulhijjah 2022.

Latin: “Allaahummalakasumtu wabika amantu wa'aa rizkika aftortu birohmatika yaa arhamarra himiin”.

Artinya: “Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa) dengan rahmat-Mu Ya Allah Tuhan Maha Pengasih”. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here