Saturday, 27 April 2024
HomeKabupaten BogorBantuan Kapolri Kembali Disalurkan ke Warga Korban Longsor Cianten

Bantuan Kapolri Kembali Disalurkan ke Warga Korban Longsor Cianten

Bogordaily.net – Untuk ketiga kalinya, dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di distribusikan kepada warga korban dan di wilayah Cianten, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor.

Pendistribusian bantuan dilakukan Pengurus Besar Inisiator Perjuangan Ide Rakyat () bersama Jurnalis Mancing Indonesia (JMI) Bogor Raya, kepada warga di kawasan Cianten, Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang, Rabu 6 Juli 2022.

Rombongan pembawa bantuan Kapolri menyerahkan sejumlah bantuan diantaranya kasur lipat, selimut, mie instan, perlengkapan pendidikan, susu bayi, peralatan bayi, popok bayi, air mineral dan lainnya.

Ketua Umum , Rizki Fathul Hakim mengungkapkan keprihatinannya atas bencana yang dialami warga di Cianten.

Walaupun kerusakan yang dialami warga Cianten merupakan hulu dari bencana alam yang terjadi tidak separah yang dialami di hilirnya yakni kawasan Pamijahan, namun ada 2 rumah warga yang hilang karena tertimbun dan puluhan rumah mengalami rusak berat dan ringan.

“Kami hari ini datang ke Cianten dan menyerahkan langsung bantuan dari bapak Kapolri bagi warga korban bencana. Untuk di Desa Purasari ini merupakan pendistribusian bantuan tahap ketiga. Sebelumnya, dua kali kami sudah mendistribusikan bantuan ke Desa Tanjungsari. Kami menyerahkan langsung bantuan ke warga, sekaligus melihat kondisi warga paska bencana,” ujar Ikiw sapaan akrab Rizki Fathul Hakim ini.

Lanjut Ikiw, di Cianten ini, ada 2 rumah milik warga yang hilang akibat tertimbun , yakni rumah milik Muis dan Irna di Kampung Pangkalan Limus RW 08, Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang.

Kondisi memprihatinkan, warga yang rumahnya tertimbun itu saat kejadian hanya bisa menyelamatkan diri seluruh anggota keluarganya. Sedangkan seluruh barang barang berharga dan lainnya tidak terselamatkan.

Untuk itu, meminta kepada pemerintah untuk segera memberikan bantuan kepada korban, agar bisa kembali membangun rumahnya.

“Semoga pemerintah segera turun tangan dan membantu warga disini. Banyak sekali rumah yang mengalami kerusakan baik rusak berar ataupun sedang. Apalagi yang rumahnya hilang tertimbun , semoga segera mendapat bantuan supaya bisa kembali memiliki tempat tinggal,” tegasnya.

Dalam kegiatan itu, dilakukan juga trauma healing kepada anak-anak dan para ibu-ibu, sekaligus memberikan bantuan perlengkapan pendidikan dan kebutuhan balita.

Bantuan yang diangkut seunit truk Satpol PP Kota Bogor dan seunit truk Polres Bogor itu, disebar kepada warga di kawasan Cianten yang merupakan perbatasan antara Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi.

Sementara, Ketua JMI Bogor Raya, Billy Adhiyaksa mengatakan, aksi kemanusiaan tersebut dilakukan untuk menyampaikan pesan penting kepada masyarakat luas terkait kondisi terkini masyarakat terdampak bencana.

Selain itu, JMI Bogor Raya juga menyampaikan bantuan secara langsung kebutuhan dasar anak-anak dari Keluarga Besar SDN Polisi 1 Kota Bogor berupa susu formula untuk balita, popok bayi, perlengkapan bayi hingga makanan ringan yang dikemas dalam program Trauma Healing bersama para Relawan Trabas Squad. Kegiatan inipun mendapat dukungam dari DPD KNPI Kota Bogor dan Satpol PP Kota Bogor.

“Apa yang kami bawa merupakan hasil observasi saat kami melakukan peliputan di area terdampak bencana. Bantuan yang kami sampaikan menyesuaikan kepada kebutuhan mereka. Semoga bermanfaat dan bisa membuat mereka tersenyum, terutama anak-anak korban bencana alam,” kata Billy.

Dalam pendistribusian bantuan di Cianten agar tepat sasaran kepada warga yang sangat membutuhkan, dilibatkan juga para relawan Trabas Squad yang terus bekerja dan keliling ke kampung-kampung.

Termasuk para relawan dari Ormas Pemuda Pancasila (PP) ranting Purasari yang ikut mengawal proses pendistribusian bantuan*

(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here