Daftar Wasit Liga 1 2022/2023 dan Rekam Jejaknya

Menu

Mode Gelap
Hasil Piala Asia U-17, Timnas Indonesia Menang Tipis 3-2 Atas UEA Siap-siap Tampung Air, Pipa PDAM Sedang dalam Perbaikan Tidak Ditilang, Polisi Tegur Ratusan Pelanggar pada Hari Kedua Operasi Zebra Lodaya Update Terkini Perbaikan Pipa PDAM, Ini Wilayah yang Terdampak Buntut Tragedi Stadion Kanjuruhan, Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat Dicopot!

Sport ยท 24 Jul 2022 00:34 WIB

Daftar Wasit Liga 1 2022/2023 dan Rekam Jejaknya


 Wasit Fariq Hitaba (ketiga kanan) memberikan kartu kuning kepada penjaga gawang Persija Jakarta Andritany (kiri) setelah terlibat keributan dengan pemain Persib Bandung dalam pertandingan sepak bola Liga 1 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (1/3/2022). Persib Bandung memenangkan pertandingan dengan skor 2-0. ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/rwa via suaracom.
Perbesar

Wasit Fariq Hitaba (ketiga kanan) memberikan kartu kuning kepada penjaga gawang Persija Jakarta Andritany (kiri) setelah terlibat keributan dengan pemain Persib Bandung dalam pertandingan sepak bola Liga 1 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (1/3/2022). Persib Bandung memenangkan pertandingan dengan skor 2-0. ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/rwa via suaracom.

Bogordaily.net – Daftar wasit Liga 1 musim 2022/2023 yang akan bertugas memimpin pertandingan pada gelaran paling bergengsi di tanah air ini cukup mentereng.

Wasit menjadi vital karena kerap jadi sasaran emosi dan kemarahan tim yang merasa dirugikan.

Mengenai wasit ini PSSI telah mengumpulkan para perangkat pertandingan atau wasit untuk memberikan penyegaran dan motivasi sebelum kompetisi digelar.

Tak tanggung-tanggung, total 59 wasit dan 74 asisten wasit yang akan memimpin Liga 1, Liga 2, Liga 3 dan kompetisi amatir dipanggil oleh PSSI.

Dalam pertemuan ini, PSSI memberikan beragam motivasi, terutama soal peran wasit agar kualitas kompetisi menjadi lebih baik.

Bahkan, PSSI juga memberikan ancaman adanya sanksi dilarang berkegiatan di sepak bola Indonesia jika ada wasit yang melanggar etika dan terbukti bersalah.

Masalah wasit memang menjadi masalah menahun di sepak bola Tanah Air. Sehingga banyak yang mengharapkan agar kualitas wasit di sepak bola Indonesia bertambah baik.

Untuk kancah Liga 1, wasit yang memimpin pertandingan biasanya wasit-wasit yang memiliki rekam jejak mentereng dan punya lisensi FIFA.

Kira-kira, siapa saja wasit Liga 1 musim 2022/2023 yang memiliki lisensi FIFA tersebut? Berikut daftarnya.

1. Aprisman Aranda

Nama Aprisman Aranda merupakan salah satu wasit berlisensi FIFA yang dimiliki Indonesia dan tergolong senior di era Liga 1.

Wasit asal Padang ini tergolong wasit yang punya rekam jejak mentereng dan kerap dipercaya memimpin laga-laga besar di Liga 1.

Adapun lisensi FIFA yang ia miliki didapat sejak 2020 lalu usai menjalani seleksi yang tak mudah demi memiliki logo FIFA di kaus wasit yang ia kenakan.

2. Thoriq Alkatiri

Nama Thoriq Alkatiri digadang-gadang sebagai salah wasit terbaik di Indonesia. Karenanya, ia kerap memimpin partai-partai besar di kancah Liga 1.

Wasit berusia 33 tahun ini memiliki rekam jejak mentereng, di mana ia tercatat sebagai satu-satunya wasit Indonesia yang diakui FIFA. Ia sendiri telah menjadi wasit FIFA sejak 2014 silam.

Kiprahnya sebagai wasit sendiri bermula sejak 2012 kala melakoni debut memimpin pertandingan di kasta teratas sepak bola Indonesia di usia yang sangat muda, yakni 24 tahun.

3. Fariq Hitaba

Fariq Hitaba merupakan wasit Indonesia lainnya yang memiliki lisensi FIFA. Lisensi ini telah didapatkannya sejak 2020 lalu.

Wasit asal Purbalingga ini dikenal sebagai salah satu wasit yang tegas. Dirinya tak segan dalam memberikan kartu, baik untuk pemain maupun ofisial tim yang bertanding.

Karena ketegasannya dalam memimpin pertandingan, Fariq Hitaba kerap ditunjuk untuk memimpin pertandingan-pertandingan besar di kancah Liga 1.

4. Dwi Purba Wicaksana

Jawa Tengah banyak melahirkan wasit yang punya lisensi FIFA. Salah satunya ada pada sosok Dwi Purba Wicaksana.

Wasit asal Kudus ini sudah menjadi wasit FIFA sejak 2015. Rekam jejaknya terbilang mentereng, karena kerap memimpin pertandingan AFC maupun kompetisi domestik sekelas Liga 1.

Selain itu, Dwi Purba punya rekam jejak memimpin pertandingan kasta bawah yang membentuk karakternya dalam memimpin pertandingan, sehingga menjadi salah satu wasit yang tegas di Indonesia.

5. Yudi Nurcahya

Bandung juga punya wasit FIFA andalan pada diri Yudi Nurcahya. Lisensi FIFA itu didapatkannya pada 2018 silam, setahun sebelum dirinya didapuk sebagai wasit terbaik Liga 1.

Pria yang merangkap sebagai dosen di sebuah universitas ini dikenal sebagai wasit yang jeli dalam memimpin pertandingan.

Meski begitu, kepemimpinannya terkadang menimbulkan protes akibat beberapa pihak tak memahami regulasi yang ada. ***

Sumber: suara.com

Artikel ini telah dibaca 1,200 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Jadwal Europa League Nanti Malam: Man United, Arsenal, AS Roma Berlaga

6 Oktober 2022 - 12:54 WIB

Hasil Lengkap Champions League Tadi Malam: Chelsea Lumat AC Milan, PSG Seri, Man City Pesta

6 Oktober 2022 - 06:48 WIB

Liga Champions

Review Pertandingan Benfica Vs PSG Tadi Malam: Messi Cs Memble, Ditahan Imbang 1-1

6 Oktober 2022 - 06:27 WIB

Review Pertandingan Manchester City vs Copenhagen Tadi Malam: Menang 5-0, Haaland Ngga Ada Matinye

6 Oktober 2022 - 06:12 WIB

Review Pertandingan Real Madrid vs Shakhtar Donetsk Tadi Malam: Los Blancos Menang Tipis 2-1

6 Oktober 2022 - 05:58 WIB

Review Pertandingan Chelsea vs AC Milan Tadi Malam: The Blues Menang 3-0

6 Oktober 2022 - 05:48 WIB

Trending di Sport